Home  /  Berita  /  GoNews Group

Hujan Lebat, Sejumlah Kawasan di Solok Dilanda Banjir dan Longsor

Hujan Lebat, Sejumlah Kawasan di Solok Dilanda Banjir dan Longsor
Banjir dan tanah longsor yang melanda beberapa kawasan di Kabupaten Solok, Rabu (5/12). Akibat hujan deras yang mengguyur daerah itu Selasa malam. (foto: YUTISWANDI/harianhaluan.com)
Rabu, 05 Desember 2018 21:56 WIB
SOLOK - Tingginya intensitas hujan yang mengguyur kawasan Kabupaten Solok sepanjang hari Selasa (4/12/2018) kemarin mengakibatkan Sungai Batang Lembang dan beberapa anak sungai lainnya meluap. Hujan deras juga memicu terjadinya longsor di sejumlah titik.

Informasi yang dilansir harianhaluan.com, luapan Sungai Batang Lembang terjadi di kawasan Koto Baru, Kecamatan Kubung. Sejumlah rumah warga dan lahan pertanian di Korong Perbatungan, Jorong Simpang sempat terendam banjir selama beberapa jam.

Air juga sempat menggenangi halaman sejumlah sekolah dan halaman rumah warga, namun kembali surut seiring teduhnya hujan. Air juga terlihat sempat menggenangi sejumlah sawah dan ladang milik masyarakat.

"Air mulai naik sejak subuh, tapi tidak terlalu lama dan paginya sudah surut kembali," kata Delfi (34), warga setempat, Rabu (5/12/2018).

Selain Koto Baru, kawasan Balai Pinang, Nagari Muara Panas yang selalu menjadi langganan banjir juga tak luput. Namun air yang meluber dari badan sungai hanya menggenangi jalan saja.

"Air naik pagi tadi karena dipicu hujan lebat sejak malam kemarin," ungkap salah seorang warga, Sari (28).

Namun sekitar 08.00 WIB, jalanan di kawasan Balai Pinang kembali mengering air seiring dengan meredanya hujan. Kendati demikian, sejumlah warga mengaku juga sudah siap-siap untuk mengantisipasi banjir yang lebih besar.

Kondisi tidak jauh berbeda juga terjadi di kawasan Jorong Sawah Taluek, Nagari Cupak. Sedikitnya, 3 rumah warga yang ada di tepian sungai sempat tergenang air. Berikut kolam pancing dan areal pertanian warga.

"Ada sekitar tiga rumah, tapi air sudah surut dan rumah warga yang sebelumnya tergenang air sudah kembali dibersihkan," sebut Budi.

Masih di kecamatan Gunung Talang, hujan deras juga menimbulkan longsor dan menghantam rumah warga di jorong pasar Baru nagari Talang. Meski tak menimbulkan korban jiwa, namun musibah ini membuat bangunan rumah warga tersebut rusak dan dipenuhi material lumpur. Beruntung pada siang harinya, tim Damkar Kabupaten Solok turun ke lokasi dan membantu membersihkan rumah warga tersebut dengan menembakkan air dari mobil Damkar.

Bencana longsor juga terjadi di Nagari Paninjauan, Kecamatan X Koto Diateh. Menurut Camat setempat, Teta Midra, ada sejumlah titik longsor di kecamatan X Koto Diateh."Ada sejumlah titik jalan di kawasan Paninjauan dan Tanjung Balik serta nagari Katialo yang ditutupi material longsor," jelas Teta melalui telpon genggamnya.

Akibat longsor, Akses jalan kabupaten yang ada di Nagari Tanjung Balik terputus total akibat runtuhnya tebing jalan. Sementara di Nagari Paninjauan dan Katialo, jalan masih bisa dilewati kendaraan."Kita sudah kontak dinas terkait untuk membantu proses pembersihan material longsor," ucap Teta yang tengah berada di lokasi longsor.

Menindak lanjuti itu, Pemkab Solok melalui dinas PUPR setempat bersama satlantas Polres Solok Kota langsung turun ke Lokasi menggunakan alat berat guna memindahkan material longsor.

"Alhamdulillah, sekarang jalur lalu lintas sudah kembali normal," kata Kapolres Solok Kota melalui Kanit Turjawali Ipda Oon Kurnia Ilahi, SH. (h/ndi)

Editor:arie rf
Sumber:harianhaluan.com
Kategori:GoNews Group, Peristiwa, Sumatera Barat, Solok
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77