Loading...

Ditangkap Warga, Maling Kotak Amal Tawarkan Uang Hasil Curiannya ke Polisi

Ditangkap Warga, Maling Kotak Amal Tawarkan Uang Hasil Curiannya ke Polisi
Pencuri kotak amal masjid yang ditangkap warga di Jorong Lambah Nagari Sianok.(foto: Hatta Rizal/klikpositif.com)
Selasa, 27 November 2018 19:01 WIB
AGAM - Seorang tersangka spesialis pencuri kotak amal masjid ditangkap warga di Jorong Lambah Nagari Sianok Anam Koto, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Selasa, (27/11/2018) siang sekitar 11.00 WIB.

Warga berhasil menangkap tersangka bernama Hendrizal (37), warga Balai Baru, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, dengan barang bukti satu sepeda motor Honda Beat warna biru BA 5826 QL, dan satu tas tangan berisi sejumlah uang recehan koin dan uang kertas pecahan seribu hingga puluhan ribu, serta satu buah obeng.

Dikutip dari harianhaluan.com, kejadian berawal dari aksi tersangka mengambil kotak amal masjid di salah satu kedai di Jorong Lambah. Rupanya aksi tersangka itu diketahui oleh warga yang lewat di depan kedai tersebut.

Modus yang dilakukan tersangka adalah berpura-pura membeli sesuatu di kedai. Pada saat kedai lagi sepi dan pemilik lengah, tersangka langsung mengambil kotak amal yang terletak di atas meja. Kemudian memasukkannya ke dalam jaket dan selanjutnya tersangka pergi.

Namun kali ini, aksinya diketahui sejumlah warga dan warga berusaha mengejar pelaku. Pelarian tersangka terhenti ketika dihadang warga yang berjarak 1 KM dari TKP. Ketika diburu warga tersangka sempat membuang kotak amal tersebut.

Setelah ditangkap, tersangka bersama sepeda motor dibawa ke Kantor Wali Nagari Sianok Anam Koto. Pada waktu bersamaan wali nagari dan Babinkantibmas Nagari Sianok Anam Koto sedang melakukan pertemuan di kantor wali nagari.

Tersangka langsung diinterogasi Babinkamtibmas Aipda Jonelri. Saat diinterogasi, wajah tersangka terlihat pucat pasi, ia memberikan keterangan berbelit-belit. Ia mengaku hanya sekali melakukan pencurian karena terdesak kebutuhan ekonomi.

"Saya hanya sekali melakukan pencurian ini, Pak. Saya bekerja di sebuah shawmill di Gadut Padang. Karena gaji tidak cukup, makanya saya melakukan pencurian ini," kata tersangka kepada Aipda Jonelri.

Lucunya, tersangka sempat pula menawarkan uang hasil curian tersebut kepada polisi ini. "Ambil sajalah uang ini sama, Bapak," kata tersangka kepada Aipda Joneldi yang disambut teriakan warga.

Akhirnya, tersangka mengaku sudah sering melakukan aksi serupa, baik di Padang maupun di Agam. Bahkan, beberapa waktu lalu tersangka bersama sepeda motornya terekam CCTV di sebuah minimarket di Jambak saat beraksi dan aksinya itu viral di medsos. Selanjutnya, tersangka bersama barang bukti diamankan di Polsek IV Koto.

Sementara itu, Wali Nagari Sianok Anam Koto Aljufri mengatakan aksi yang dilakukan tersangka sudah meresahkan warga.

"Sudah banyak kotak amal mesjid di daerah kita ini yang hilang, sehingga warga dan pemuda meningkatkan kewaspadaan. Alhamdulilah pelakunya sudah tertangkap," ungkapnya.(h/ril)

Editor : arie rf
Sumber : harianhaluan.com
Kategori : GoNews Group, Peristiwa, Hukum, Sumatera Barat, Agam

Loading...
www www