Indahnya Pulau Pasir Disaat Air Laut Surut, Bikin Kening Anda Berkerut dan Dijamin Galau

Indahnya Pulau Pasir Disaat Air Laut Surut, Bikin Kening Anda Berkerut dan Dijamin Galau
Rombongan Media Expert Meeting MPR saat di Pulau Derawan. (GoNews.co)
Minggu, 11 November 2018 14:55 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
DERAWAN - Selain keindahan Pulaunya, Derawan juga memiliki destinasi wisata bahari yang unik. Namanya adalah Gusung Sanggalau. Pulau kecil dengan hamparan pasir putih itu hanya muncul disaat laut sedang surut.

Para wisatawan bisa bermain pasir sepuasnya di sana dan menikmati suasana yang bikin kening anda berkerut, karena takjub dengan keindahannya.

Pada Sabtu (10/11/2018) kemarin, GoNews.co dengan puluhan media peserta 'Media Expert Meeting MPR' berkesempatan mengunjungi lokasi tersebut.

Tiba dilokasi, beberapa awak media dan Humas Pemberitaan MPR tidak menyia-nyiakan kesempatan langka itu. Satupersatu mengeluarkan ponsel dan cameranya untuk berfoto-foto ria.

Lantas apa istemewanya Pulau Gusung Sanggalau, di Derawan ini? Yang menjadikan pulau ini unik dan istimewa adalah gundukan pasir di sini akan muncul jika air laut sedang surut tapi jika air laut sedang pasang maka pulau ini akan hilang tertutup air laut.

Gundukan pasir di pulau ini juga disebut sebagai Gosong Pasir. Entah darimana nama Gosong Sanggalau ini berasal, namun dari cerita warga sekitar, mungkin diakibatkan karena cuaca panas di tempat ini membuat kulit para pengunjung bisa gosong dan galau, maka jadilah Gosong Sanggalau.

Lokasi Gosong Sanggalau sangat dekat dari Pulau Derawan. Jadi cukup naik speedboat beberapa menit saja, kami sudah sampai di pulau berpasir putih Gosong Sanggalau.

Uniknya lagi, di Pantai pulau Gosong Sanggalau ini juga ada pedagang dadakan, yang menjajakan jajanan ringan seperti mie instan, gorengan, dan kopi.

Pedagang ini muncul ketika melihat ada kapal speedboat melintas dan menuju pulau tersebut. Dengan meja dan tenda alakadarnya, pedagang inipun langsung menjajakan dagangannya.

Namun jika pengunjung sudah sepi atau kembali ke penginapan, maka pedagang tersebut secara otomatis juga akan menutup lapaknya.

Para wisatawan disana juga bisa lebih leluasa mencari sudut-sudut terindah untuk mengambil foto. Panorama pasir putih tak berujung di kelilingi air pantai berwarna hijau tosca benar-benar mempesona, membuat siapapun betah berlama-lama disini, tidak ada rasa galau sama sekali.

Warna langit mulai menjelma jingga. Perlahan mentari kembali keperaduanya. Dan dengan berat hati kami harus meninggalkan Pulau Gosong Sanggalau.

Nah, jika anda sedang berada di Pulau Derawan jangan lupa menyempatkan untuk mampir di Gosong Sanggalau, jika tidak, anda pasti akan menyesal. Namun ingat, anda harus bertanya jam-jam berapa saja pulau itu akan muncul, sebelum memutuskan pergi ke sana. ***

wwwwww