Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Kalah Lawan Sri Lanka, Timnas Putra Bersiap Hadapi Korsel di Kualifikasi Grup B FIBA 3X3 Asia Cup 2024
Olahraga
24 jam yang lalu
Kalah Lawan Sri Lanka, Timnas Putra Bersiap Hadapi Korsel di Kualifikasi Grup B FIBA 3X3 Asia Cup 2024
2
Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Korupsi
Hukum
23 jam yang lalu
Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Korupsi
https://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77
Home  /  Berita  /  GoNews Group
Recommended Kuliah di Pekanbaru

PCR, Politeknik Swasta Terbaik di Indonesia yang Lahirkan Lulusan Siap Kerja

PCR, Politeknik Swasta Terbaik di Indonesia yang Lahirkan Lulusan Siap Kerja
Selasa, 06 November 2018 08:12 WIB
Penulis: Mella
PEKANBARU - Politeknik Caltex Riau (PCR) yang berada di Rumbai, Pekanbaru, Riau kini menjelma menjadi Politeknik terbaik di Indonesia. Tidak salah jika banyak pelajar dari seluruh Indonesia, berharap bisa kuliah di kampus megah yang berdiri di atas tanah seluas 15 hektar itu.

Dari sisi areal kampus, PCR memang memiliki kampus yang nyaman dengan budaya yang tertib dan disiplin. Dan itu terkesan saat memasuki kampus ini dimana kampus PCR terkenal dengan kampus bebas asap rokok, tertip lalu lintas dan cinta lingkungan. Bahkan untuk mahasiswa atau yang mau bertamu, yang tidak memiliki kaca spion ataupun helm, terpaksa harus meninggalkan kendaraan di luar gerbang kampus dan berjalan kaki memasuki kampus tersebut.

''Kami disini sangat mengedepankan kediksiplinan, disini bebas asap rokok juga. Bukannya nggak boleh, kalau mau merokok silahkan di luar perkarangan kampus. Kalau ketahuan merokok di lingkungan kampus sanksinya langsung kami DO dari kampus,'' ungkap Ihsan Zul, Pembantu Direktur Bidang Kerjasama, Bisnis dan Pemasaran PCR.

Kampus megah ini juga memiliki lingkungan yang hijau dan asri. Di sekeliling kampus ditanami pohon yang rindang serta beraneka ragam bunga untuk memanjakan mata. Selain gedung yang megah PCR juga memiliki fasilitas seperti gedung serbaguna, Mushala, kantin, Laboratorium disetiap jurusan serta AC dan infokus untuk penunjang pembelajaran.

Didepan gedung PCR kita akan melihat lambang seperti Chevron yang mana Politeknik Caltex Riau sendiri didirikan atas kerjasama PT Caltex Pacifix Indonesia (CPI) kalau sekaran Chevron Pacifix Indonesia. Yang bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang terampil di bidang teknologi terapan dan bisnis dalam memenuhi kebutuhan industri yang terus tumbuh dan berkembang sampai saat ini.

Mulai dirintis tahun 2000, namun bangunannya sendiri rampung pada tahun 2001 dengan penerimaan mahasiswa yang berjumlah 175 mahasiswa yang terdiri dari tiga Program Studi Diploma yaitu Elektronika, Telekomunikasi, dan Teknik Komputer.

PCR kini memiliki 10 program studi yang terdiri dari Teknik Elektronika, Teknik Mekatronika dan Akutandi ( Diploma 3) serta Sistem Informasi Industri, Teknik Informatika Multimedia dan Teknik Elektronika Telekomunikasi, serta yang baru adalah Teknik Mesin dan Teknik Listrik ( Diploma 4 atau setara SI).

Dari sepuluh juruaan yang ada lima diantaranya sudah mendapatkan akreditasi A dan yang lainnya memperoleh akreditasi B. Sebagai bukti bahwa tata kelola yang dijalankan PCR berjalan dengan baik, maka Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mencantumkan bahwa PCR terakreditasi B.

Selain unggul dibagian sarana PCR juga unggul dalam prestasi seperti segudang preatasi yang sudah diukir yaitu juara umum OTIK Tahun 2016-UIN Suska Riau, juara 3 Gemastik 2016 kategori Animasi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk beasiswa sendiri PCR mempunyai beasiswa seperti Beasiswa Prestasi Yayasan Politeknik Chevron Riau yang diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi namun kurang mampu dalam segi finansial, Beasiswa Pemerintahan Daerah, Bidikmisi, Beasiswa Ikatan Keluarga Alumni PCR, Beasiswa PPA, BPP dan PPA.

Dari keunggulan tersebut tidak heran kalau Politeknik Caltex Riau tercatat sebagai politeknik swasta terbaik di Indonesia berdasarkan data Kemenrstekdikti tahun 2015.

Dengan slogan "PCR BERANI P.A.S.T.I yang berarti Profesional, Aplikatif, Siap Kerja, Tepat Waktu, Inovatif. PCR mampu melahirkan sumber daya manusia yang Siap Kerja terbukti dari lulusan PCR yang banyak bekerja di bagian teknik, bank, maupun perminyakan. 

Berikut Program Studi yang Dimiliki PCR:

Untuk Program Studi D III ( Diploma III)
-Akuntansi Akreditasi A
-Teknik Elektronika Akreditasi A
-Teknik Komputer Akreditasi A
-Teknik Mekatronika Akreditasi A
-Teknik Telekomunikasi Akreditasi B

Untuk Program Studi D IV ( Diploma IV)

- Teknik Elektronika Telekomunikasi Akreditasi A
- Sistem Informasi Akreditasi B
- Teknik Informatika Akreditasi B
- Teknik Listrik
- Teknik Mesin belum terakreditasi karena jurusan baru yang dibentuk pada tahun 2006

***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77