Sepeda Nusantara Turut Bangun Investasi SDM 2019

Sepeda Nusantara Turut Bangun Investasi SDM 2019
Minggu, 28 Oktober 2018 21:01 WIB
Penulis: Azhari Nasution

PADANG - Sepeda Nusantara etape kota Padang, Sumatera Barat berlangsung meriah di GOR Agus Salim, Minggu (28/10/2018). Sebanyak 8.000 peserta menempuh jarak panjang sejauh 20 kilometer, menyemarakkan salah satu program unggulan Kemenpora di bawah payung Ayo Olahraga yang tahun ini berlangsung di 70 titik Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Sesuai dengan tema "Bangun Indonesia", pelaksanaan Sepeda Nusantara 2018 sebagai salah satu program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dibawah payung Ayo Olahraga, menyasar sejumlah target.

Selain memberikan dampak pada kesehatan serta kebugaran melalui olahraga, Sepeda Nusantara edisi 2018 juga memberikan dampak lain. Diantaranya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Dengan meningkatnya kualitas SDM, hal tersebut pun menjadi salah satu realisasi dalam melaksanakan sejumlah program besar Presiden Joko Widodo sesuai Nawa Cita yang digalakkan pada Kabinet Kerja era kepemerintahannya.

Dimana salah satu Nawa Cita Presiden Joko Widodo yakni melakukan investasi SDM pada tahun 2019 demi menjaga persaingan di pentas global.

"Oleh karena itu dibutuhkan manusia-manusia yang sehat, bugar dan produktif. Ini adalah upaya dari bagian kita bersama dalam rangka menyiapkan itu," kata Herman Chaniago selaku Asdep Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan saat membuka Sepeda Nusantara di Komplek GOR Agus Salim, Padang, Minggu (28/10).

Di tempat yang sama, Endre Saifoel selaku Anggota Komisi X DPR RI memberikan dukungan penuh terhadap Sepeda Nusantara sebagai salah satu program andalan Kemenpora yang telah masuk tahun kedua.

Ia pun mendukung upaya Kemenpora untuk melangsungkan program Sepeda Nusantara pada tahun-tahun berikutnya. Pasalnya banyak dampak positif bergulirnya program Sepeda Nusantara, seperti mendongkrak segi pariwisata di setiap wilayah yang ada di Indonesia.

Untuk itu ia berharap kedepan program Sepeda Nusantara mampu dihelat dengan titik yang lebih banyak lagi. "Sambil berolahraga dan memperkenalkan pariwisata kita, masyarakat kita juga sehat. Itulah yang kita minta dari Kemenpora, semoga 2019 bisa lebih besar dan banyak lagi," ujar Saifoel.

Banyaknya doorprize atau hadiah yang disajikan panitia pelaksana, salahsatunya umroh gratis ke Tanah Suci. Selain itu, puluhan hadiah menarik lainnya juga disediakan.

"Alhamdulillah akan ada doorprize tertinggo, umroh untuk satu orang. Lalu ada 1 sepeda motor, 15 sepeda dan masih banyak hadiah menarik lainnya," ujar Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah.


Tak luput, Mahyeldi menuturkan terima kasih kepada Kemenpora yang kembali mempercayakan wilayahnya menjadi salah satu titik penyelenggara Sepeda Nusantara. Dimana kota Padang juga menggelar program yang sebelumnya bernama Gowes Pesona Nusantara pada 2017. ***

Kategori:Uncategories

wwwwww