Loading...    
           

Sepeda Nusantara Bangun Indonesia Sambangi Bandung

Sepeda Nusantara Bangun Indonesia Sambangi Bandung
Anggota Komisi X DPR RI Popong Otje Djunjunan dan Walikota Bandung Oded Muhammad Danial melepas peserta Sepeda Nusantara
Minggu, 28 Oktober 2018 20:54 WIB
Penulis: Azhari Nasution

BANDUNG - Sepeda Nusantara 2108 hadir di Kota Bandung, Minggu (28/10/2018). Sekitar 2.500 warga antusias menyemarakkan program unggulan Kemenpora RI yang dipusatkan di halaman Plaza Kota Bandung itu.

Mengambil tema "Bangun Indonesia, Satukan Indonesia", Sepeda Nusantara Bandung betepatan dengan Hari Sumpah Pemuda (HSP), dengan menempuh jarak 10 km. Start dimulai dari Plaza Balai Kota Bandung. Rute yang ditampuh Jl. Asia Afrika. Jl. BKR-Jl. Ramdhan-Jl.Oto Iskandardinata-Jl. Sunda-Jl. RE Marthadinata-Jl.Perintis Kemerdekaan-Jl.Wastakuncana, dan kembali ke Plaza Balai Kota Bandung.

Hadir sekaligus memeriahkan Sepeda Nusantara yakni Anggota Komisi X DPR RI Popong Otje Djunjunan, Walikota Bandung Oded Muhammad Danial, Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana, Staf Ahli Kemenpora Samsudin, dan pejabat di lingkungan Kota Bandung serta komunitas Germas (Gerakan Masyarakat Sehat)

"Anda adalah apa yang Anda makan. Anda katakan dan Anda dilakukan. Ini bagian dari apa yang Anda lakukan yakni berolahraga. Hidup kita akan sehat dengan olahraga. Salah satunya dengan bersepeda," kata Popong usai melepas pegowes Sepeda Nusantara.

Popong mengapresiasi program Kemenpora RI lewat Sepeda Nusantara yang digelorakan di seluruh wilayah Indonesia. Ke depan ia berharap program yang ditujukkan untuk menggelorakan dan membudayakan olahraga di masyarakat terus dilakukan.

Senada, Walikota Bandung, Oded mengatakan, program Sepeda Nusantara sangat penting dalam konteks sosial. Selain bisa menyehatkan masyarakat, Sepeda Nusantara juga bisa mengikat tali silaturahmi demi persatuan dan kesatuan. Apalagi event ini bersamaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

"Semoga Sepeda Nusantara ini menjadi ajang mengikat tali silaturahmi antar warga. Kita akan menghadapi Pilpres dan Pileg, banyak isu-isu SARA yang bisa memicu kerawanan sosial. Nah Olahraga bisa menyatukan perbedaan tersebut," ujar Oded.

Antusiasme warga Bandung mengikuti Sepeda Nusantara diapresiasi oleh Staf Ahli Kemenpora Samsudin. Katanya, Badung yang dikenal dengan warga yang kreatif-kreatif. Dan kunci kreatifitasnya ternyata adalah rajin berolahraga.

"Pesertanya banyak sekali. Orang sering olahraga tentu badannya sehat dan bugar. Kalau badan sehat, kreatifitas akan muncul. Inilah ciri orang Bandung, yang penuh inovasi dan kreatifitas," kata Samsudin yang mewakili Menpora Imam Nahrawi.

Dikatakannya, program ini secara langsung menyentuh dan mengajak masyarakat untuk berolahraga demi mencapai budaya hidup yang sehat. Sebagaimana tagline Kemenpora RI, “Ayo Olahraga. Samsudin pun berharap semangat berolahraga masyarakat di Kota Bandung ini semakin bergairah dengan kehadiran program-program olahraga dari pusat ke daerah-daerah.

"Ke depan bentuk kerjasama antara Pemkot Bandung dan Kemenpora akan semakin jalan dengan erat. Tahun 2019 Sepeda Nusantara semoga akan tetap dilaksanakan di Kota Bandung," jelasnya.

Sebelumnya peserta diajak untuk senam bersama Ayo Olahraga dan juga dipertunjukkan olahraga tradisional asli Bandung.

Setelah finish peserta dihibur oleh artis-artis lokal Kota Bandung dan beragam hadiah doorprize diantaranya umrah, sepeda, mesin cuci, dan lain-lain. ***

Kategori:Uncategories

Loading...
wwwwww