Loading...    
           
Sepakbola Piala AFC U 19 2018

Luar Biasa ….Dengan 10 Pemain, Timnas Indonesia Taklukkan UEA

Luar Biasa ….Dengan 10 Pemain, Timnas Indonesia Taklukkan UEA
Rabu, 24 Oktober 2018 22:50 WIB
Penulis: Azhari Nasution

JAKARTA - Luar biasa. Tampil dengan 10 pemain, Timnas U-19 Indonesia mampu menekuk UEA 1-0 pada laga terakhir fase Grup A Piala Asia U-19 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, Rabu, (24/10/2018) malam.

Timnas U-19 Indonesia pun menjaga asa melaju ke babak perempat final Piala Asia  U-19 2018 sekaligus masa penantian yang cukup panjang selama 40 tahun. Gol tunggal kemenangan timnas Indonesia dicetak Witan Sulaeman pada menit ke-23.

Pasukan Indra Sjafri ini menjadi runner-up grup A karena dalam laga lainnya Qatar membantai Taiwan dengan skor telak 4-0.

Witan yang memang dikenal pemain bertenaga kuda karena tak pernah berhenti memberi tekanan pada pemain lawan sehingga mampu merebut bola dan melakukan solo run.Pergerakan Witan tak terbendung hingga mampu melepas eksekusi dingin ke gawang UEA.

Sejak babak pertama dimulai, Tim Garuda Nusantara bermain trengginas memberi tekanan. Di 10 menit awal, Timnas U-19 Indonsia setidaknya sudah mencatatkan dua peluang emas.

Peluang pertama didapat Hanis Saghara yang mendapat umpan tarik di dalam kotak penalti, sundulan kepalanya hanya membuat bola melenceng.Selanjutnya ada kesempatan mencetak gol dari Egy Maulana Vikri yang mendapat umpan matang dari Saddil Ramdani.

Tertinggal 0-1 membuat para pemain UEA berusaha tampil lebih agresif dan pada menit 29 Ali Saleh melancarkan serangan balik. Namun upaya Ali menusuk kotak pinalti berhasil dihadang Nurhidayat dengan tekel keras yang akhirnya membuahkan kartu kuning.

Ali Saleh yang mengambil eksekusi tendangan bebas, gagal karena masih bisa ditangkap kiper Indonesia Muhamad Riyandi. Pada menit ke-36, Indonesia kembali mendapat peluang melalui Witan, sayangnya  tendangannya masih jauh melayang tinggi di atas mistar gawang UEA.

Pada menit ke-43, Syahrian Abimanyu sempat mendapatkan perawatan setelah upayanya melepaskan tendangan dihalau pemain UEA.  Jelang turun minum, Indonesia sempat mendapatkan tendangan bebas setelah Saddil ditekel pemain UEA. Namun eksekusi yang dilakukan Saddil masih bisa ditangkap kiper UEA.

Hingga babak pertama usai, skor 1-0 bertahan untuk keunggulan tim Garuda Muda ini. Memasuki babak kedua, pelatih Indonesia Indra Sjafri melakukan penyegaran dengan  memasukan Todd RIvaldo Ferre yang menggantikan Hanis Saghara.

Petaka bagi timnas Indonesia ketika pada menit ke-53, harus bermain dengan 10 orang setelah Nurhidayat mendapatkan kartu merah. Nurhidayat diusir setelah melakukan tekel berbahaya pada seorang pemain UEA, Ahmed Abdullah.

Pada menit 55, Saddil Ramdhani ditarik keluar digantikan Indra Mustafal. Meski bermain dengan 10 pemain, timnas Indonesia tak menghentikan serangan. Namun pelatih Indra Sjafri di menit 74 terpaksa menarik keluar Egy akhirnya karena mengerang kesakitan. Egy digantikan oleh Muhamad Rafi Syaharil.

Keluarnya Egy praktis permainan timnas Indonesia lebih bertahan dan kesempatan ini dimanfaatkan bernar oleh tim UEA melakukan gempura. Pemain Indonesia tetap sesekali menyerang dan pada  menit ke-88, Indonesia mendapatkan tendangan bebas. Namun tendangan Todd masih membentur pagar betis pemain UEA.

Setelah waktu normal usai, wasit memberi waktu tambahan mencapai tujuh menit. Namun karena sudah dalam kondisi fisik pemainnya yang memang sudah terkuras, durasi waktu tersisa itu tak dapat dimanfaatkan para pemain UEA untuk membuat gol penyeimbang 1-1.

Skor 1-0 terus bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Susunan Pemain : 

INDONESIA : 1-Muhamad Riyandi; 3-Asnawi Mangkualam, 5-Nurhidayat, 13-Rachmat Irianto 11-Firza Andika; 7-Muhammad Luthfi Baharsyah, 8-Witan Sulaeman, 17-Syahrian Abimanyu; 15-Saddil Ramdani (Indra Mustafa 55), 19-Hanis Saghara (Todd Rivaldo Ferre 45), 10-Egy Maulana Vikri (Muhamad Rafi Syaharil 68) Pelatih: Indra Sjafri

UEA : 17-Suhail Al Mutawa; 3-Yousif Ali Al-Mheiri, 5-Ahmed Abdulla (Rashed Mubarak 83), 6-Omar Ahmad Saleh, 12-Abdelrahman Saleh; 8-Ali Saleh, 15-Mansor Al-Harbi (Tahnoon Al-Zaabi 73), 18-Eid Khamis (Khaled Al-Blooshi 45), 19-Majid Rashid, 23-Abdullah Al-Naqbi; 16-Ahmad Fawzi Pelatih: Ludovic Batelli. ***


Loading...
wwwwww