Loading...

Tangkap Pencuri Kotak Amal Mesjid, Tangan Prajurit TNI Patah Dihajar Pakai Linggis

Tangkap Pencuri Kotak Amal Mesjid, Tangan Prajurit TNI Patah Dihajar Pakai Linggis
Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas SH saat memberikan penghargaan dan bantuan kepada Sertu Afriyanda. (foto: minangkabaunews.com)
Jum'at, 19 Oktober 2018 20:45 WIB
TANAH DATAR - Prajurit TNI Koramil Sungai Tarab Kodim 0307/TD Sertu Afriyanda mengalami patah tangan karena dihajar pakai linggis oleh pencuri kotak amal Masjid Al-Furqan Simpuruik, AY alias Anton (36). Meski tangannya cidera, prajurit TNI itu berhasil menggagalkan aksi sang maling kotak amal.

Aksi heroik Sertu Afriyanda ini mendapat apresiasi dari Kapolres Tanah Datar, Sumbar AKBP Bayuaji Yudha Prajas SH. Diceritakan Bayuaji, peristiwa itu berawal saat terjadi pencurian kotak amal di Masjid Al-Furqan Simpuruik dan petugas mesjid berteriak minta tolong.

"Mendengar petugas masjid meminta tolong, Sertu Afriyanda langsung menuju masjid yang kebetulan tak jauh dari rumahnya. Saat itu ia melihat pencuri tersebut mau melarikan diri. Sert Afriyanda langsung menghalangi, namun tersangka AY alias Anton berusaha memukul kepala Sertu Afriyanda dengan linggis, namun ia tangkis dengan tangan kanannya," ujar Kapolres, Jumat (19/10/2018) seperti GoSumbar kutip dari laman Minangkabaunews.com.

Hantaman linggis tersebut membuat tangan Sertu Afrianda patah. "Walaupun dalam keadaan sakit, ia berhasil melumpuhkan pencuri tersebut. Tak lama berselang barulah tiba masyarakat lainnya untuk menolongnya dan mengamankan pencuri, " ungkap AKBP Bayuaji.

Aebagai apresiasi atas aksi heroik Sertu Afriyanda, Kapolres Tanah Datar beserta Ketua Bhayangkari Ny Hj Nila Bayuaji dan anggota Polres lainnya menyampaikan langsung penghargaan kepada prajurit TNI ini, Jumat (19/10) di Simpang Asrama Balai Salasa, Tanah Sumbar.

Dikatakan Kapolres, penghargaan yang diberikan itu adalah reward dan ucapan terima kasih kepada Sertu Afriyanda atas jasanya yang telah menghentikan pencurian kotak amal.

"Aksi beliau sangat mulia sekali di mata masyarakat maupun Tuhan. Tak banyak orang seperti Sertu Afriyanda yang mau berkorban demi menegakkan hukum dalam rangka mengamankan wilayah sekitar tempat tinggalnya," ucap Kapolres.

Kapolres memberikan piagam penghargaan dan bantuan kepada Sertu Afriyanda. "Kami mengucapkan terima kasih kepada Sertu Afriyanda yang berkorban untuk menghentikan aksi pencurian kotak amal kemaren. Semoga beliau cepat pulih dan semoga pengorbanannya dibalas oleh Tuhan yang Maha Kuasa. Dan inilah salah satu bentuk sinergitas TNI-Polri dalam mengamankan wilayah hukum Polres Tanah Datar, " tutur AKBP Bayuaji. ***

Editor : arie rf
Sumber : minangkabaunews.com
Kategori : Sumatera Barat, Hukum, Peristiwa, GoNews Group, Tanah Datar

Loading...
www www