Telah Hadir BRIncubator, Strategi Baru Bank BRI Tumbuh Kembangkan UMKM di Daerah

Telah Hadir BRIncubator, Strategi Baru Bank BRI Tumbuh Kembangkan UMKM di Daerah
Launching BRIncubator di Bukittinggi oleh Wapinwil BRI Padang Tresnawan Dwi Sandya dan Djoko Purwanto, Kepala Desk Inkubator Bisnis Mikro dan Ritel Kantor Pusat Bank BRI serta pakar industri Imam Andiko Rangga (Founder Bajamur Tiramisu) Padang.
Senin, 08 Oktober 2018 14:06 WIB
Penulis: Jontra
Bukittinggi - PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk telah meluncurkan program inkubasi bisnis untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang diberi nama BRIncubator di Solo, Jawa Tengah pada 28 September 2018 lalu. Untuk kota Bukittinggi merupakan kota ke empat dalam penyelenggaraan peluncuran program BRIncubator. BRIncubator merupakan program yang berorientasi pada pemberian akses pembiayaan dan peningkatan kapasitas serta kapabilitas UMKM secara digital dan fokus pada validasi ekspor.

Program Inkubasi yang fokus kepada pelaku UMKM sektor pariwisata, pertanian subsektor kuliner, fashion, dan kriya ini bertujuan memodernisasi UMKM agar berbasis teknologi dan dapat menciptakan teknopreneur di seluruh pelosok Indonesia. Dalam rangka menyambut pencanangan Bulan Inklusi Keuangan pada bulan Oktober ini oleh OJK, kami berharap setelah Program ini selesai dilaksanakan, UMKM yang terlibat akan menjadi UMKM unggulan yang lebih well literate, yakni memiliki pengetahuan dan keyakinan tentang lembaga jasa keuangan serta produk jasa keuangan, termasuk fitur, manfaat dan risiko, hak dan kewajiban terkait produk dan jasa keuangan, serta memiliki keterampilan dalam menggunakan produk dan jasa keuangan.

BRI ingin fokus pada pemberian ruang dan pendampingan melalui fasilitas yang bisa mendorong kemajuan dan berdampak pada ekonomi lokal dan nasiona,l ungkap Wakil Pemimpin Wilayah Bank BRI Padang, Tresnawan Dwi Sandya saat menyampaikan sambutannya di depan para UMKM terpilih peserta BRIncubator dan tamu undangan. Turut hadir dalam kegiatan Launching BRIncubator ini, Kepala Desk Inkubator Bisnis Mikro dan Ritel Kantor Pusat Bank BRI, Djoko Purwanto dan pakar industri Imam Andiko Rangga (Founder Bajamur Tiramisu) Padang.

Dalam lanjutan rangkaian batch pertama di tahun 2018 ini, BRIncubator akan melibatkan 500 UMKM di 5 kota terpilih yaitu Solo, Makassar, Bandung, Malang, dan Bukittinggi. Ke depan, Program ini akan diperluas sehingga dapat menjangkau lebih banyak peserta dan kota di seluruh wilayah Indonesia.

BRIncubator juga dilaksanakan dengan menggandeng para pakar UMKM, baik bertaraf lokal maupun nasional yang ahli dan sukses di bidangnya sehingga peserta bisa mendapatkan nilai tambah yang signifikan karena mendapatkan pengetahuan yang lebih riil dan konkret dalam menjalankan bisnis UMKM.

Rangkaian kegiatan BRIncubator terdiri dari roadshow, seminar,workshop, bootcamp. Selama rangkaian kegiatan inkubasi bisnis tersebut para UMKM akan selalu dimonitor perkembangannya. Pada tahap akhir program BRIncubator, akan dipilih 30 UMKM di program Inkubasi dan 30 UMKM di program Akselerasi. Selanjutnya 3 UMKM terbaik akan mendapatkan hadiah berupa award untuk pengembangan usahanya.

Setelah program ini selesai para UMKM akan tetap kami dampingi melalui 53 Rumah Kreatif BUMN Bank BRI, yang telah tersedia di berbagai kota di Indonesia.

Melalui program inkubasi ini, kami mengharapkan kontribusi positif dari seluruh pihak untuk bisa bersinergi memajukan para pelaku UMKM Indonesia agar bisa Go Modern, Go Digital dan Go Online serta siap bersaing di kancah global pada era digital, pungkas Tresnawan.(**)


GoSumbar.com Seminggu Usai Dilantik, Dandim 0304/ Agam Gelar Temu Media dengan Insan Pers Bukittinggi - Agam
GoSumbar.com Bahas Budaya Minang Doeloe dan Kini, FACTA Gelar Diskusi Adat Hak Tradisional Minangkabau di Biaro Gadang Agam
GoSumbar.com Danrem 032 Wirabraja Serahkan Bingkisan dan Bantuan pada Anak Yatim dalam Pisah Sambut Dandim 0304 Agam
GoSumbar.com Ini Penjelasan Panitia Tabligh Akbar UAS Bukittinggi Terkait dengan Simpang Siurnya Informasi yang Beredar di Media Sosial
GoSumbar.com Ingatkan Bahaya Narkoba dan Narkolema, LKRI Prakarsai Sosialisasi bagi Generasi Muda di Tilkam
GoSumbar.com FACTA Ungkap Terbitnya SHM di Tanah yang Diduga Dikuasai Negara di Ampuah Baso Agam
GoSumbar.com Ini yang Dilakukan KPU Bukittinggi untuk Menggenjot Partisipasi Pemilih pada Pemilu 2019
GoSumbar.com Tak Disangka, Ternyata Ini yang Dilakukan oleh Salah Seorang Anggota Sat Lantas Polres Tanah Datar Selama Bertahun - tahun
GoSumbar.com Hari Ini, Bawaslu Bukittinggi Gelar Sosialisasi Terkait Fasilitasi, Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Pemilu 2019 dengan Puluhan Awak Media
GoSumbar.com Ayo! Ikuti dan Saksikan Sungai Tarab Zumba & Aerobic Competion 2019 di Tanah Datar
GoSumbar.com Kurang dari 24 Jam, Maling di Rumah Caleg DPRD Bukittinggi yang Kabur ke Batam Kepri Ini Diciduk Polisi
GoSumbar.com Menyedihkan, Bayi Perempuan Baru Lahir Ini Ditemukan Meninggal dalam Tumpukan Sampah di Koto Tuo Agam
GoSumbar.com Wow, Usaha Ulat di Pekanbaru Ini Bisa Hasilkan Rp2,6 Juta Dalam 2 Bulan dengan Modal Rp10.000
GoSumbar.com Lapas Kelas IIA Biaro Bukittinggi Membara, Empat Kamar di Blok D Hangus Terbakar
GoSumbar.com Ini Yang Dilakukan Prajurit TNI dari Kodim 03/04 Agam pada Momentum Pergantian Tahun
GoSumbar.com Dilecehkan Saat Bertugas, Wartawan Minangkabaunews Laporkan Oknum Wali Nagari Baringin Tanah Datar Ini ke Polisi
GoSumbar.com Innalilahi, Bermaksud Hendak ke Bogor Penumpang dari Penyabungan Sumut Ini Meninggal dalam Mobil di Daerah Bukittinggi
GoSumbar.com Raih 122 Medali, Kontingen Atlet Kota Bukittinggi Masih Optimis Capai Target Medali yang Diusung
wwwwww