Home  /  Berita  /  Umum

Pengungsi Gempa Palu, Donggala dan Sigi Nikmati Bantuan 1,5 Ton Rendang

Pengungsi Gempa Palu, Donggala dan Sigi Nikmati Bantuan 1,5 Ton Rendang
Bantuan rendang saat tiba di tenda pengungsian. (Zardi Syahril for JawaPos.com)
Senin, 08 Oktober 2018 18:30 WIB
PALU - Pemerintah Provinsi Sulewesi Tengah (Sulteng) menyambut baik kedatangan 1,5 ton rendang. Masakan olahan daging itu adalah hasil donasi warga Ranah Minang yang dihimpun Pemprov Sumatera Barat (Sumbar) untuk korban gempa dan tsunami Sulteng beberapa waktu lalu.

Kabag Pemberitaan Biro Humas Setdaprov Sumbar Zardi Syahril mengatakan, rendang untuk korban di Palu, Donggala, dan Sigi diangkut pesawat Hercules. Bantuan itu mendarat Sabtu siang (6/10/2018). Selanjutnya dibagikan kepada para pengungsi, Minggu (7/10/2018) kemarin.

Zardi ikut mengantarkan langsung rendang itu bersama petugas BPBD Sumbar. Mereka langsung mendatangi pihak penerima bantuan. "Kami serah terimakan rendang siang kemarin (Minggu). Diterima Pemprov Sulteng," terang Zardi, Senin (8/10/2018) seperti dilansir JawaPos.com.

Menurut Zardi, kedatangan rendang disambut antusias oleh warga, apalagi warga Minang yang bermukim di Palu. Pemprov Sulteng melalui Kadis Sosial Ridwan Mumu menyampaikan rasa terima kasih. Bantuan makanan asli tanah Minang itu dibutuhkan para pengungsi.

"Rendang itu katanya akan dibagi di tiga lokasi. Pertama untuk dapur umum, dapur umum jabatan, dan untuk warga Minang yang ada di Sulteng," tambahnya.

Zardi juga sempat mengunjungi langsung dapur umum bencana alam. Di sana mereka didampingi pengurus Ikatan Keluarga Minang (IKM) Sulteng.

"Katanya, rendang begitu membantu. Saat korban bencana belum bisa menikmati makanan enak, datang rendang yang lezatnya tak terbantahkan lagi," tuturnya menirukan ucapan Ketua IKM Sulteng Jhon Marshal.

Para perantau asal Minang yang bermukim di Palu menyebutkan bahwa kedatangan rendang seakan mengobati kerinduan mereka. "Banyak juga warga Minang di sana. Tapi ada yang sudah menetap lama dan jarang pulang. Rendang bagai penawar rindunya pada kampung," ungkapnya.

Selain rendang, Pemprov juga telah menyediakan donasi uang sebesar Rp1 miliar. Masing-masing, Rp500 juta dari Pemprov dan Rp500 lagi bersumber dari BAZNAS Sumbar.

"Harapan Pak Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, bantuan rendang ini menyentuh korban yang betul-betul membutuhkannya," pungkasnya. ***

Editor:arie rf
Sumber:JawaPos.com
Kategori:Sumatera Barat, Umum, GoNews Group, Rantau
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/