Kandas 3-2 Atas Australia, Timnas U16 Gagal Melenggang ke Piala Dunia U17 di Peru

Kandas 3-2 Atas Australia, Timnas U16 Gagal Melenggang ke Piala Dunia U17 di Peru
Senin, 01 Oktober 2018 18:05 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Meski sempat unggul 1-0 di babak pertama, akhirnya Timnas Indonesia U-16 harus mengakui keunggulan tim Australia pada babak perempat final Piala Asia 2018.

Bermain di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Senin (1/10/2018), Australia langsung bermain menyerang dan tidak membiarkan pemain Indonesia mengembangkan permainan. Dengan kelebihan postur, Australia bisa lebih banyak menguasai bola.

Indonesia nyaris kebobolan di menit ke-1 namun tendangan pemain Australia yang memanfaatkan umpan tarik dari sisi sebelah kanan membentur gawang.

Australia lagi-lagi mendapat peluang. Lewat serangan yang memanfaatkan lebar lapangan, Australia lagi-mendapat peluang emas mencetak gol tapi sepakan pemain Australia digagalkan dengan gemilang kiper Indonesia, Ernando Ari.

Indonesia mendapat peluang pertama di babak pertama pada menit ke-14 lewat tendangan jarak jauh Sutan Zico yang bisa ditepis kiper Australia.

Gollll..Indonesia mencetak gol di menit ke-17. Sutan Zico dengan tenang melepaskan tendangan menyusur tanah tanpa bisa dihalau kiper Australia usai memanfaatkan kesalahan bek lawan mengontrol bola.

Australia mendapat peluang emas namun Ernando Ari bisa menggagalkan peluang yang sudah di depan mata.

Bagus Kahfi mendapat peluang emas terakhir di babak pertama namun sepakannya bisa digagalkan kiper Australia, Pavlesic. Skor Indonesia vs Australia 1-0.

Memulai babak kedua, Australia memulai dengan lambat dan menguasai lapangan tengah. Sedangkan Indonesia memanfaatkan serangan balik.

Australia akhirnya menjebol gawang Ernando Ari pada menit ke-51. Lewat set piece tendangan bebas, Daniel Walsh dengan tenang menanduk bola ke dalam gawang.

Australia berbalik unggul 2-1 setelah tendangan keras Adam Leombruno tidak dapat ditahan Ernando di menit 65. Skor Indonesia vs Australia 1-2.

Gol kembali dilesatkan tim Asutralia ke gawang Indonesia, skor pun berubah menjadi 1-3. Jelang akhir pertandingan, Indonesia kembali memperkecil kekalahan dengan menyarankan satu gol. Skor 2-3 pun bertahan sampai peluit berakhirnya pertandingan.

Dengan demikian, Timnas Australia akan berhadapan dengan timnas Jepang pada laga Semi Final. Sementara Indonesia, harus mengubur cita-citanya masuk dalam Piala Dunia U-17 di Peru.

Susunan Pemain Indonesia vs Australia:

Timnas U-16 Indonesia: Ernando Ari, Amiruddin Bagas, Mochamad Yudha, Fadilah Nur Rahman, Komang Teguh, David Maulana (kapten), Andre Oktaviansyah, Brylian Negietha, Amiruddin Bagus, Sutan Zico, Mochammad Supriadi.

Timnas U-16 Australia: Daniel Walsh, Jordan Bos, Ryan Teague (kapten), Birkan Kirdar, Noah Botic, Luke Duzel, Adam Pavlesic, Jordan Courtney-Perkins, Adam Leombruno, Joseph Roddy, Thomas Lambiris.

Laga ini dipimpin wasit asal Korea Selatan Kim Woosung, dibantu asisten wasit Jang Jongpil (Korea Selatan) dan Howard Chen (Taiwan).***

Kategori:Uncategories

wwwwww