Loading...

44 Orang Relawan LAZ Anggota FOZ Diterjunkan ke Lokasi Gempa Sulteng

Sabtu, 29 September 2018 15:08 WIB
Penulis: Anita
MEDAN- Sekitar pukul 14.00 WIB pada hari Jumat (28/9/2018) telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 7,7 SR. Dampak gempa dengan kekuatan M6 yang berpusat di darat pada kedalaman dangkal mengguncang wilayah Donggala, Sulawesi Tengah. Sumber gempa berasal dari sesar Palu Koro. 

 
 
Menurut BMKG, berdasarkan analisis peta guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Donggala IV MMI, Palu III MMI, Poso II MMI). Info dari masyarakat di lapangan, telah pula terjadi tsunami di sejumlah titik di Donggala. 
 
Karena putusnya sarana komunikasi dan belum memadainya proses pendataan, sementara terlaporkan ada 1 orang meninggal Dunia, 10 orang luka-luka dan sejumlah rumah dan bangunan rusak akibat gempa tadi.
 
Saat ini proses evakuasi masih sedang terus dilakukan oleh sejumlah petugas dan relawan. Pendataan dan penanganan darurat pun masih sedang dilakukan. Sebagian masyarakat masih berada di luar rumah. Mereka berada di tempat aman. Gempa susulan sampai malam ini masih sering berlangsung.
 
Sampai pukul 21.00 wib tadi malam  Forum Zakat (FOZ) tak tinggal diam dalam memberikan respon cepat terhadap bencana ini. Selain menggkoordinasikan seluruh anggota dan jaringan FOZ, maka malam ini terdata ada 44 orang relawan yang berangkat mewakili masing-masing lembaga anggota FOZ. Malam ini tim tadi berangkat dari berbagai titik. Ada yang berangkat dari Jakarta, Bandung, Makasar dan Gorontalo. Tim tadi sementara merupakan tim awal dan baru dari 7 lembaga anggota FOZ.
 
Pengalaman FOZ mengkoordinasikan penanganan bencana di Lombok sebelumnya, maka fokus FOZ adalah memastikan adanya koordinasi yang terjalin baik antara member FOZ maupun dengan Lembaga lainnya yang ada di lapangan. Hal-hal di lapangan terkait pembagian peran, area serta titik aktivitas bisa dibicarakan dengan mudah dengan difasilitasi oleh FOZ. 
 
Menurut Ketua Umum FOZ, Bambang Suherman, mengapa koordinasi ini penting dilakukan, karena tidak lain, dengan koordinasi yang baik. "Maka setiap tahapan dalam respon akan bisa lebih efektif dan menjangkau semakin luas," terangnya.
 
Sekjend FOZ, Nana Sudiana menambahkan bahwa member FOZ selama ini cukup senang dengan pola koordinasi dan komunikasi yang dilakukan FOZ. "FOZ bukan hanya menjadi perekat juga menjadi data center perkembangan bencana nantinya," katanya.
 
Kembali ke soal Tim relawan member FOZ tadi, mereka cukup beragam. Ada yang merupakan tim medis, tim asessment awal, tim pendahulu atau sejenis itu dan tim evakuasi. Mereka datang sebagai relawan dan tanpa mengenal pamrih. Mereka datang dan hadir ke Sulteng, semata-mata memenuhi panggilan kemanusiaan.
 
Dari data yang di update member FOZ, insyaallah gelombang berikutnya akan hadir lebih banyak lagi dengan bantuan yang juga semakin beragam. Termasuk jumlah lembaganya juga semakin banyak lagi yang terlibat.
 
Forum Zakat (FOZ) merupakan asosiasi lembaga pengelolaa zakat dengan anggota sebanyak 257 lembaga di seluruh Indonesia. 

Editor : Sisie
Kategori : Uncategories

Loading...
www www