Bakal Digelar Oktober 2018, 500 Orang Sudah Daftar Jadi Peserta Sepeda Nusantara di Pekanbaru, Anda Kapan?

Bakal Digelar Oktober 2018, 500 Orang Sudah Daftar Jadi Peserta Sepeda Nusantara di Pekanbaru, Anda Kapan?
Ilustrasi.
Kamis, 27 September 2018 16:59 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
PEKANBARU - Ajang Pesona Gowes Nusantara yang berubah menjadi Sepeda Nusantara (SN) 2018 resmi digelar. Pembukaan ajang ini sendiri sudah dilakukan pada Minggu (13/5/2018) yang lalu di depan Kantor Kemenpora Jakarta dengan melibatkan 5.232 pesepeda itu dilakukan oleh Menpora Imam Nahrawi.

Sepeda Nusantara 2018 adalah program Kemenpora yang sebelumnya bernama Pesona Gowes Nusantara. Kegiatan diawali dengan pelaksanaan senam gowes. Ada 70 titik kabupaten/kota di 34 provinsi termasuk di Riau yang akan dipusatkan di Kota Pekanbaru.

Kadispora Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian kepada GoNews.co menjelaskan, bahwa SN 2018 adalah kegiatan yang banyak melibatkan masyarakat. Bahkan kata dia, meski acaranya bakal digelar 21 Oktober 2018, namun sampai hari ini, Kamis (27/9/2018), peminatnya sangat banyak. "Luar biasa antusias masyarakat Pekanbaru dan Riau pada umumnya, sampai hari ini, sudah 500 orang yang mendaftar dan ingin ikut acara ini," ujar Zulfahmi melalui pesan Whatsapp.

Bersepeda juga membuat masyarakat lebih mudah saling berinteraksi bertegur sapa menunjukkan sebagai makhluk sosial."Targetnya kegiatan ini adalah untuk membugarkan dan menyehatkan masyarakat mengajak masyarakat membudayakan berolahraga," ujarnya, Minggu (23/9/2018).

Menurut Zulfahmi, 500 orang pendaftar pertama tersebut juga berhak mendapatkan kaos gratis. "Tapi jangan kuatir, kita akan tambah kuotanya jadi 750 orang yang dapaty kaos gratis. Peserta juga akan kita sediakan hiburan, doorprize dengan berbagai hadiah-hadiah, khususnya dengan "Lucky Draw Sepeda". Jadi buruan daftar," ajaknya.

Acara sepeda nusantara di Pekanbaru ini kata dia, akan dilaksanakan dengan rangkaian acara mulai 20 Oktober 2018, dengan Fashion Carnival, Singing Contes, Jajanan Nusantara, dan lomba sepeda hias anak.

"Kemudian pada tanggal 21 Oktober, kita laksanakan puncak acaranya di Jalan Cut Nyak Dien. Dan ingat, pendaftaran gratis," tukasnya.

Sebelumnya diberitakan, Rabu, (26/9/2018), Zulfahmi juga menjelaskan, bahwa agenda ini juga bertujuan untuk mempromosikan investasi dan destinasi wisata di Pekanbaru. "Agenda ini merupakan kesempatan Kota Pekanbaru untuk mempromosikan kotanya sebagai pusat investasi dan destinasi wisata, yang menarik untuk dikunjungi turis," ungkap Zulfahmi.

Rencananya, rute event sepeda nusantara ini akan melintasi Jalan Cut Nyak Dien kearah Pasar Bawah, menuju Rumah Singgah Tuan Kadi untuk cek poin pertama. Kemudian, ke Jalan Riau belok ke Jalan Soekarno Hatta, masuk ke Jalan Arifin Ahmad dan cek poin kedua di Kantor Dinas Pariwisata. Kemudian, lanjut ke Jalan Sudirman dan finish di Jalan Cut Nyak Dien kembali.

"Ada 70 kabupaten/kota yang menggelar event ini, dan masing - masing diberi waktu untuk mengadakannya dari Mei sampai November 2018. Kemarin kita sudah menjadwalkan tanggal 7 untuk digelar, tetapi diundur ke tanggal 21 Oktober, karena bersamaan dengan event Asian Paragames," urainya.***


wwwwww