Diguyur Hujan, Jalan Lama Kelok 9 Longsor dan Terpaksa Ditutup

Diguyur Hujan, Jalan Lama Kelok 9 Longsor dan Terpaksa Ditutup
Tampak jalan terban di kawasan jalan lama kelok 9, Kabupaten Limapuluh Kota, Rabu (26/2018).(Foto: Ist/Covesia.com)
Rabu, 26 September 2018 21:22 WIB
LIMAPULUH KOTA  - Curah hujan yang tinggi mengguyur kawasan Kelok 9, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, membuat jalan lama Kelok 9 terban. Akibatnya, jalan alternatif ini terpaksa ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan.

"Benar, akibat intensitas hujan yang tinggi beberapa hari terakhir. Jadinya struktur tanah melunak dan akhirnya terban. Untuk sementara waktu, jalan ini ditutup untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan," kata Kepala Pelaksana BPBD Limapuluh Kota, Joni Amir  didampingi kabid Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Ramadinol, Rabu (26/9/2018) seperti diberitakan Covesia.com.

Pihak BPBD Kabupaten Limapuluh Kota, baru mengetahui jalan terban ini pukul 05.00 WIB, setelah adanya laporan warga.

Untuk akses jalan dari provinsi Riau- menuju Sumbar atau sebaliknya tidak terganggu, pengguna jalan diarahkan  Fly Over kelok 9.

Meskipun demikian pihaknya tetap mengimbau masyarakat untuk terus waspada saat melewati jalan di sekitar kelok 9. Pasalnya, struktur tanah ini rawan longsor.

"Ini pertanda kalau struktur tanah di kelok 9 sudah mulai berbahaya. Jadinya, pengendara harap berhati-hati jika melewati kelok 9 dan sekitarnya dalam radius 5 km dalam kondisi hujan. Ditambah lagi sekarang ini curah hujan sangat tinggi di sekitar Harau dan Pangkalan," katanya.

Hingga berita ini diturunkan, Pihak BPBD Limapuluh Kota dan petugas masih dilokasi untuk upaya pencegahan kecelakaan dan sosialisasi. ***

Editor:arie fr
Sumber:Covesia.com
Kategori:Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Peristiwa, GoNews Group

wwwwww