Home > Berita > Agam

Dilanda Cuaca Ekstrem, Jalan Alternatif di Malalak Agam Ini Longsor, Beberapa Pohon juga Tumbang

Dilanda Cuaca Ekstrem, Jalan Alternatif di Malalak Agam Ini Longsor, Beberapa Pohon juga Tumbang
Cuaca ekstrem di Agam sebabkan jalan longsor dan pohon tumbang, Minggu 16 September 2018.
Minggu, 16 September 2018 21:10 WIB
Penulis: Jontra
AGAM - Tingginya curah hujan di beberapa wilayah Kabupaten Agam mengakibatkan terjadinya peristiwa longsor di 2 Kecamatan pada Minggu, 16 September 2018. Terpantau di Kecamatan Malalak terjadi longsor di Simpang tower Hulu Banda, Jorong Silimpauang, Nagari Malalak Utara pada pukul 13.30 WIB, yang menutupi ruas jalan sehingga jalan tidak bisa dilewati kendaraan sepanjang lebih kurang 9 -11 meter, dengan ketinggian 10 -15 Meter.

Peristiwa longsor ini terjadi di Ambacang, Jorong Limo Badak, Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak yang menutupi sebagian ruas jalan, yang membawa material batu - batuan, kondisi hingga sore ini, batu masih turun. Sementara itu, di Kecamatan Tanjung Raya, peristiwa longsor dan pohon tumbang juga menutupi sebagian ruas jalan sebanyak 3 titik di Jorong Tanjung Sani, Nagari Sungai Batang, Maninjau pada pukul 14.30 WIB sepanjang lebih kurang 10 meter dengan ketinggian 5 cm.

Terkait hal itu, upaya yang dilakukan Satgas BPBD Kabupaten Agam bersama pemerintah, kecamatan, Nagari dan masyarakat adalah dengan turun ke lokasi bencana dan melakukan pembersihan terhadap material longsor dan pohon tumbang yang menutupi akses jalan. Tak hanya itu, kantor Bawaslu Kecamatan Agam yang berada di bawah perbukitan juga tak luput ditimpa tanah dari perbukitan yang ada di atas nya.

Kalak BPBD Agam, Muhamad Luthfi A.R didampingi Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Wahyu Bestari mengatakan, sehubungan dengan cuaca ekstrim di beberapa wilayah di kabupaten Agam, maka diharapkan kepada warga masyarakat untuk selalu berhati - hati dan waspada jika terjadi hujan deras dan angin kencang, imbauannya, marilah jauhi jalan di sekitar kawasan perbukitan dan carilah jalan alternatif, untuk mengantisipasi jika terjadi bencana longsor.

Selain itu, BPBD Agam juga mengimbau untuk menjauhi pohon tua/ yang sudah lapuk untuk mengantisipasi terjadinya peristiwa pohon tumbang. Karena, bencana bisa terjadi dimanapun dan kapanpun, pungkasnya.(**)

Kategori:Agam, GoNews Group
wwwwww