Belum Banyak Yang Tahu, Komunitas 'Pekanbaru Kota Bertuah' Sudah 5 Tahun Bantu Warga Miskin dan Yatim Piatu di Riau

Belum Banyak Yang Tahu, Komunitas Pekanbaru Kota Bertuah Sudah 5 Tahun Bantu Warga Miskin dan Yatim Piatu di Riau
Minggu, 16 September 2018 00:23 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
PEKANBARU - Membantu sesama bukan hanya kewajiban bagi umat islam maupun pemeluk agama lain. Tapi juga merupakan perintah dari UUD 45 dan juga Pancasila.

Hal ini pulalah yang dilakukan sekelompok warga di Pekanbaru, yang menamakan dirinya Komunitas 'Pekanbaru Kota Bertuah'.

Di dalam komunitas ini, anggotanya ada dari berbagai kalangan, seperti politikus, mahasiswa, buruh, pelajar, aktivis dan bahkan PNS. Meskipun dari latar belakang yang berbeda-beda, mereka memiliki visi dan misi yang sama, yakni membantu para fakir miski, anak yatim dan orang-orang yang sedang membutuhkan.

"Komunitas Pekanbaru Kota Bertuah" adalah komunitas yang dibentuk pada tahun 2013 melalui media sosal. Mereka berkomitmen untuk menjadi komunitas yang bukan hanya sekedar canda tawa.

"Kita bergerak bidang sosial, seperti membantu orang-orang tidak mampu, panti-panti asuhan, rumah singgah yatim piatu dan banyak lagi. Aksi sosial komunitas Pekanbaru Kota Bertuah ini sudah hampir keseluruh pelosok Riau," ujar Masril salah satu pengurus komunitas tersebut kepada GoNews.co, Sabtu (15/9/2018) malam.

Aksi sosial yang belum lama ini dilakukan, seperti jelang bulan puasa yang lalu, yakni menyalurkan atau membagi-bagikan 1.000 Alquran ke Masjid dan Musola di daerah-daerah seperti, Kuansing, Meranti, Pelalawan, Kampar, Dumai dan Pekanbaru sendiri.

"Komunitas Pekabaru Kota Bertuah juga aktif membantu warga masyakarat yang kurang mampu, seperti membantu anak-anak kurang gizi, membagi-bagikan peralatan sekolah untuk anak-anak dari kalangan petugas kebersihan kota, membantu panti asuhan dan yatim dalam bentuk sembako, bagi-bagi buku pelajaran ke sekolah pelosok Riau," tandasnya.

Dan setiap tahunnya kata dia, komunitas "Pekanbaru Kota Bertuah" dipercaya oleh orang-orang Indonesia yang bekerja di Canbera Australia untuk menyalurkan zakat dan infaknya bagi anak-anak di panti asuhan.

"Untuk pendanaan setiap aksi sosial komunitas Pekanbaru Kota Bertuah, adalah bersumber dari sumbangan para anggota yang jumlahnya sudah mencapai puluhan ribu anggota dan tersebar diseluruh Provinsi Riau, dan orang Riau yang berdomisili di luar Riau," paparnya.

Komunitas "Pekanbaru Kota Bertuah resmi dibentuk dan didirikan 5 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 11 Maret 2013.

Komunitas "Pekanbaru Kota Bertuah" lahir dari ide warga mulai dari kalangan disiplin ilmu, dosen, Insinyur, guru, aktivis, dan ahli penggerak media sosial.***

Kategori:Peristiwa, Umum
wwwwww