Dua Orang Meninggal Dunia Akibat Longboat Tenggelam di Perairan Obi Halsel

Dua Orang Meninggal Dunia Akibat Longboat Tenggelam di Perairan Obi Halsel
Ilustrasi.
Kamis, 13 September 2018 23:04 WIB
Penulis: Irwan Marsaoli
HALMAHERA SELATAN - Kecelakaan di laut kembali terjadi di perairan Pulau Obi, Halmahera Selatan (Halsel), Provinsi Maluku Utara, tepatnya di Tanjung Mores Desa Cap Kecamatan Obi Utara.

Perahu Long Boat yang membawa penumpang berjumlah delapan orang itu tenggelam pada Rabu pukul 23.00 wit dan baru diketahui Kamis (13/9/2018) pukul 07.00 WIT.

Adapun kronologis kejadiannya, pada saat itu masyarakat Desa Pasir Putih kecamatan Obi Utara berjumlah 8 orang yang akan berangkat menuju pasar Lapanawa Desa Jikotamo kecamatan Obi untuk berjualan sayur-sayuran.

Namun naas, ketika sampai di perairan Tanjung Mores Desa Cap Kecamatan Obi Utara, long boat dengan motoris bernama Yahya itu dihantam ombak serta gelombang tinggi hingga mengakibatkan mesin mati.

Tak ayal, long boat tersebut terbalik dan tenggelam. Kejadian ini diketahui sekira pukul 07.00 WIT pagi tadi, ketika satu unit long boat dari desa Cap kec Obi Utara hendak melintasi Tanjung Mores.

Saat itulah warga melihat dan menemukan korban selamat atas nama La Acan Lasiba serta dua korban meninggal dunia yang sedang mengapun di permukaan laut.

Ketiga korban itu kemudian langsung dievakuasi kembali ke desa Pasir Putih. Warga lantas melakukan pencarian terhadap korban yang belum usai mendapatkan informasi adanya peristiwa tersebut.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun GoNews.co, pencarian terhadap korban dilakukan sekitar pukul 08.00 WIT.

Tim pencari korban pun menemukan kembali korban lain di lokasi yang tidak jauh dari tenggelamnya long boat tersebut.

Kasat Reskrim Polres Halsel, AKP Gede A P Atmaja kepada GoNews.co mengatakan, saat ini seluruh korban telah ditemukan.

"Enam orang ditemukan dalam keadaan selamat sementara dua korban ditemukan sudah meninggal dunia," tandasnya.

Dua korban yang meninggal itu yakni Wasaida labalao (55) berjenis kelamin perempuan, dan Wate'e Latanjo (37), berjenis kelamin perempuan. Sementara korban yang selamat bernama Yahya (41) La acan lasiba (21), Naim lanoho (25), Wauki laraso (38), Wanitu (40) dan Wanunung La atimu (17).

Para korban semuanya berasal dari desa Pasir Putih kecamatan Obi Utara. "Jadi ada ada dua korban perempuan di temukan telah meninggal dunia ditempat. kemudian seluruh korban baik korban selamat dan korban meninggal dunia dibawa ke Desa Pasir Putih oleh warga masyarakat Desa Cap dan Desa Pasir Putih," paparnya.

Namun demikian, ia belum bisa memastikan penyebab sebenarnya kejadian itu.

Perkiraan Long boat dihantam gelombang tinggi, sesuai dengan perkiraan BMKG yang menjelaskan bahwa saat kejadian hingga dua hari kedepan ketinggian ombak mencapai 1,25 meter hingga 2 meter.

"Baik korban selamat maupun korban meninggal dunia saat ini telah ditemukan dan telah dikembalikan ke pihak keluarga," pungkasnya.***

Editor:Muslikhin Effendy
Kategori:Uncategories
wwwwww