Home  /  Berita  /  Umum

Minim Fasilitas, Ini yang Dilakukan Damkar Mentawai

Minim Fasilitas, Ini yang Dilakukan Damkar Mentawai
Petugas Damkar Mentawai saat mengikuti Diklat.
Kamis, 06 September 2018 13:40 WIB
MENTAWAI - Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kepulauan Mentawai, Halomoan Pardede mengakui, fasilitas dan sarana pendukung yang dimiliki dinas yang dia pimpin sebagai tim bomber pemadam kebakaran di Kabupaten Kepuluan  Mentawai masih minim dan belum ideal.

"Ya memang masih minim dan belum ideal, kita hanya ada 3 unit mobil pemadam. Itu pun hanya satu yang ada di Tuapejat, dua unit lainnya ada di Sikakap dan Siberut Selatan," ujar Pardede di Tuapejat, Kamis (6/9/2018).

Menurut Pardede, Tuapejat sebagai ibu kabupaten idealnya memiliki 2 unit mobil pemadam kebakaran. Sedangkan untuk kecamatan lain, setidaknya disediakan 1 unit mobil pemadam.

"Ya begitulah keadaannya. Tapi ini tidaklah menghambat kinerja dari Damkar, kita masih tetap bisa beroperasi meskipun fasilitas minim,” ujar Pardede.

Menyinggung personil, Pardede menyebutkan jumlah personil Damkar saat ini sebanyak 75 orang, dan itu menurutnya sudah mencukupi. Hanya saja diperlukan peningkatan skill atau kemampuan para fireman (petugas pemadam kebakaran).

Pardede mengatakan, meski dalam kondisi fasilitas yang belum memadai, pihaknya akan mengoptimalkan fasilitas yang ada dan akan mensinergikan dengan fasilitas yang dimiliki OPD lain.

"Dalam kondisi seperti ini, ke depan kita akan coba mensinergikan dengan OPD lain dan akan mengoptimalkan fasilitas yang ada, terutama akan meningkatkan skill atau kemampuan personil Damkar," pungkasnya. (ss)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/