Home  /  Berita  /  Politik

Sandiaga: Riau Penyumbang Terbesar untuk Indonesia, Mulai Bahasa Hingga Uang Rp 1,1 Triliun dari Sultan Siak

Sandiaga: Riau Penyumbang Terbesar untuk Indonesia, Mulai Bahasa Hingga Uang Rp 1,1 Triliun dari Sultan Siak
Sandiaga Uno saat sampai di Lembaga Adat Melayu Riau, Selasa (4/9/2018)
Selasa, 04 September 2018 23:04 WIB
Penulis: Ratna Sari Dewi
PEKANBARU - Calon Wakil Presiden RI, Sandiaga Uno mengatakan, Riau memiliki andil besar untuk Indonesia. Jazirah ini tidak hanya menyumbang bahasa Melayu menjadi bahasa induk dan pemersatu bangsa, tapi juga uang, baik yang diserahkan Sultan Siak dan juga devisa dari migas dan non migas.

Demikian disampaikan Sandiaga Uno saat menjalani upacara adat tepuk tepung tawar yang merupakan doa untuk keselamatan dan kesejahteraan pemberi dan penerima tepuk tepung tawar. Prosesi tepuk tepung tawar terhadap Sandiaga Salahuddin Uno dilakukan oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Selasa (4/9/208) sore tadi.

"Hari ini saya jadi manusia yang paling bahagia, terima kasih tak terhingga saya ucapkan kepada masyarakat Riau, khususnya LAM," kata Sandiaga Salahuddin Uno.

Sebagai putra asli kelahiran Rumbai, Sandiaga pun mengaku memiliki ikatan batin dengan Riau. Bahkan tak cuma dirinya, Sandiaga mengatakan bahwa Indonesia sudah semestinya juga memiliki ikatan yang erat terhadap Riau. Dimana, bahasa Melayu menjadi pondasi dari bahasa Indonesia. Belum lagi soal peranan Sultan Siak yang dulu menyerahkan uang 13 Juta Gulden dan menyatakan bergabung dengan NKRI pada masa itu.

"Berkat Sultan Siak yang menyerahkan uang setara dengan Rp1,1 triliun, pemerintahan pada dahulu kala bisa berjalan dengan baik. Sehingga sudah semestinya Riau ini menjadi perhatian pemerintah pusat," tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPH LAMR, Datuk Seri Syahril Abubakar dalam upacara adat tepuk tepung tawar terhadap Sandiaga Uno tersebut mengatakan bahwa masyarakat Riau bangga karena dua putra daerah terbaiknya sempat mencuat untuk dicalonkan sebagai wapres, yakni Ustaz Abdul Somad dan Sandiaga Uno.

"Mereka ini dua putra terbaik Riau dan akhirnya ada satu yang akan mewakili. Kita doakan semua yang terbaik untuk Sandiaga Uno, karena ini menjadi pengharapan bagi masyarakat di Riau," tuturnya. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/