Loading...

Sembelih Hewan Kurban, IKTD Rengat Barat Jadikan Idul Adha sebagai Ajang Silaturahim

Sembelih Hewan Kurban, IKTD Rengat Barat Jadikan Idul Adha sebagai Ajang Silaturahim
Rabu, 22 Agustus 2018 23:49 WIB
Penulis: Jefri Hadi
RENGAT - Nuansa hari raya Idul Adha memang berbeda dengan Idul Fitri, terutama bagi para perantau asal Provinsi Sumatera Barat.

Pada perayaan Idul Adha 1439 H tahun 2018 ini, mereka tidak memilih untuk mudik ke kampung halaman masing-masing, melainkan memilih berkumpul dan bersilaturahmi sesama perantau.

Seperti yang dilakukan warga IKTD (Ikatan Keluarga Tanah Datar) Kecamatan Rengat Barat, Indragiri Hulu, Riau ini. Usai menunaikan salat Idul Adha, segenap pengurus dan anggota IKTD itu, langsung berkumpul guna melakukan penyembelihan hewan kurban. 

Tanpa dikomandoi, mereka terlihat kompak menguliti satu ekor lembu dan dua ekor kambing yang merupakan hewan kurban keluarga besar IKTD Rengat Barat itu.

Penyembelihan tiga ekor hewan kurban tersebut dilaksanakan di halaman Sekretariat IKTD Kecamatan Rengat Barat, Jalan Lintas Pematang Reba - Pekan Heran, Rabu (22/8/2018).

"Penyembelihan hewan kurban ini sudah memasuki tahun ke empat sejak IKTD Rengat Barat terbentuk pada 2014 lalu", kata Ketua IKTD Rengat Barat, Roma Doris menjawab GoRiau.com.

Dikatakan Roma, momen hari raya kurban ini merupakan wujud syukur seluruh umat muslim kepada Allah SWT, termasuk bagi keluarga besar IKTD Rengat Barat.

Selain itu, Idul Adha ini juga dijadikan sebagai ajang silaturahim dan berbagi dengan sanak saudara yang ada di perantauan oleh keluarga besar IKTD Rengat Barat.

"Jika momen Idul Fitri dijadikan para perantau untuk mudik ke kampung halaman, maka pada Idul Adha ini lah kita bisa saling berkumpul dan bersilaturahim dengan seluruh perantau minang yang ada", tutur Roma.  

Terkait hewan kurban sambung Roma, setelah penyembelihan dagingnya dibagikan kepada seluruh anggota IKTD dan masyarakat berada di lingkungan sekretariat.

"Diharapkan apa yang dilakukan hari ini, bisa menjadi berkah serta menjadi amal ibadah disisi allah. Dan kedepan, kita berharap jumlah hewan kurban ini bisa terus bertambah,'' tutup Roma. ***

Kategori : Uncategories

Loading...
www www