Home  /  Berita  /  Olahraga

'Tamparan' bagi Indonesia, Suporter Asian Games dari Jepang Pungut Buntung Rokok dan Dimasukkan ke Tong Sampah

Tamparan bagi Indonesia, Suporter Asian Games dari Jepang Pungut Buntung Rokok dan Dimasukkan ke Tong Sampah
Aksi dua supoter Jepang saat memungut puntung rokok di arena Asian Games. (Istimewa)
Senin, 20 Agustus 2018 22:53 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Suporter Asian Games dari Jepang membersihkan sampah yang ada di sekitar stadion Gelora Bung Karno Senayan.

Dua suporter cewek ini, terlihat memungut buntung rokok yang dibuang sembarangan dan kemudian dimasukkan ke tong sampah yang sudah tersedia tak jauh dari tempat tersebut.

Foto dua gadis Jepang memungut buntung rokok itupun viral. Banyak masyarakat atau netizen yang kagum dengan aksi tersebut.

Namun juga tak sedikit yang menyesalkannya. "Ini pukulan telak bagi masyarakat kita. Malu saya melihatnya," ujar Toni menanggapi foto yang viral di medsos itu.

Dari penelusuran GoNews.co dibeberapa sumber, suporter Jepang memang terkenal bersih. Bahkan saat piala dunia di Brazil, usai laga berakhir, para pendukung Timnas jepang juga melakukan aksi bersih-bersih sampah.

Kala itu, usai pertandingan melawan Kolombia para suporter Jepang tetap tinggal dan mulai membersihkan area yang mereka duduki ketika sebagian besar penonton meninggalkan stadion.

Dalam video yang viral di media sosial, beberapa suporter Jepang terlihat membawa kantong plastik besar biru muda sebagai tempat untuk memasukkan sampah. Sementara yang lain menyusuri lorong-lorong tempat duduk untuk memungut sampah yang berada di lantai stadion.

Ini bukan pertama kalinya suporter timnas Jepang mendemonstrasikan tindakan tanpa pamrih itu. Mereka juga telah melakukan hal yang sama di Piala Dunia 2014 di Brasil, meskipun Jepang kalah 1-2 melawan Pantai Gading di babak penyisihan Grup C saat itu.

Dilansir The Sun, aksi spontanitas suporter itu dilakukan sebagai cara untuk merayakan kemenangan perdana Tim Samurai Biru. Itu sekaligus membuktikan bahwa Jepang memiliki suporter terbaik di dunia.

Praktis, aksi suporter itu membuat kagum banyak orang, termasuk pendukung Kolombia yang juga memenuhi Mordovia Arena. Aksi suporter Jepang ini juga menginspirasi penggemar Senegal untuk membersihkan sampah di dekat mereka saat merayakan kemenangan 2-1 atas Polandia di Otkritie Arena.

Di jepang sendiri memang ada larangan membuang sampah apalagi puntung rokok sembarangan. Di Suzuka sebuah nama kota kecil di Prefektur Mie, Jepang. Kota ini terletak 50 mil baratdaya Nagoya. Di Indonesia Suzuka ibarat kota kecamatan. Namun saya tak pernah menyangka sebuah kecamatan bisa sebersih itu.

Jalanannya bersih dan rapi nyaris tak ada sampah terlihat di pinggir jalan.Mobil mewah berbagai merek ada di sini. Dan terutama saya nyaris tidak menemui puntung rokok bekas pakai di sini. Orang Zusuka tidak merokok? Tidak juga.

Mereka merokok namun tidak membuang puntung rokoknya begitu saja ke jalanan. Alias sembarang tempat.

Suasana malam di kawasan Shinjuku Tokyo. Di sini banyak ditemukan warga asing.? Tempat merokok mereka juga terbatas di tempat tertentu yang diperbolehkan. Usai merokok mereka membuang puntung rokok ke tempat sampah atau tempat tertentu yang telah disediakan.

Jangan pula berharap ada yang merokok sambil berjalan kaki atau sambil naik motor seperti yang ada di Indonesia.

Lalu apakah ada sanksi khusus bagi perokok di Jepang? Namun yang jelas kesadaran masyarakatnya agar kebersihan sangatlah besar. Contohnya saat ada puntung rokok jatuh di jalan, seorang warga Jepang pun memungutnya.

Nah, apa yang dilakukan suporter Jepang di GBK sepertinya harus jadi contoh bagi warga Indonesia. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/