Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Ditanya Soal Kontrak Musim Depan, Megawati Hangestri: Masih Rahasia
Olahraga
24 jam yang lalu
Ditanya Soal Kontrak Musim Depan, Megawati Hangestri: Masih Rahasia
2
Kondisi Tukul Arwana Mulai Membaik Menuju Kesembuhan
Umum
22 jam yang lalu
Kondisi Tukul Arwana Mulai Membaik Menuju Kesembuhan
3
Film Dokumenter tentang Kisah Celine Dion Segera Tayang
Umum
21 jam yang lalu
Film Dokumenter tentang Kisah Celine Dion Segera Tayang
4
Red Sparks Incar Wilda Siti Nurfadhilah
Olahraga
23 jam yang lalu
Red Sparks Incar Wilda Siti Nurfadhilah
5
Gebrakan Menpora Dito Bangkitkan Industri Olahraga dan Prestasi Olahraga Bola Voli Indonesia
Olahraga
22 jam yang lalu
Gebrakan Menpora Dito Bangkitkan Industri Olahraga dan Prestasi Olahraga Bola Voli Indonesia
6
Buku tentang Sejarah The Beatles Laris Usai Rilis Film Beatles
Umum
21 jam yang lalu
Buku tentang Sejarah The Beatles Laris Usai Rilis Film Beatles
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  GoNews Group

HNW Lakukan Diplomasi Parlemen ke Malaysia

HNW Lakukan Diplomasi Parlemen ke Malaysia
Selasa, 07 Agustus 2018 16:56 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Dalam rangka diplomasi parlemen, Wakil Ketua MPR RI M. Hidayat Nur Wahid (HNW) melakukan kunjungan ke parlemen Malaysia di Kuala Lumpur pada Senin (5/8/2018).

HNW dan rombongan diterima Yang Dipertua parlemen Malaysia Dato Mohammad Ariff, Timbalan Yg dipertua Parlemen Malaysia Dato Mohd Rashid Hasnon, dan anggota Parlemen Malaysia Nurul Izzah.

Dalam sambutannya HNW menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan Malaysia dalam menyelenggarakan pemilu yang demokratis, dan pergantian kepemimpinan nasional secara aman dan damai tanpa ada perpecahan.

"Itu menujukan bahwa negara yang mayoritas Muslim, khususnya Melayu, bisa menjadi contoh dalam berdemokrasi. Tetap damai, dinamis, Tanpa ada pertumpahan darah," ujar HNW yang didampingi anggota MPR unsur DPD RI asal Yogyakarta, Cholid Mahmud.

Ia berharap bisa bekerjasama dengan parlemen Malaysia yang dipimpin Pakatan Harapan untuk menguatkan praktek demokrasi di negeri mayoritas Muslim, juga membantu memberikan solusi bagi permasalahan di Kawasan Asia Tenggara.

HNW mendorong agar parlemen Malaysia turut berpartisipasi secara kuat thd masalah2 yg dihadapi umat khususnya di Asia Tenggara. Spt menyelesaikan masalah pengungsi Rohingya dan membantu bangsa Moro di Mindanao, Filipina Selatan.

"Kita, parlemen Malaysia dan Indonesia, harus berpartisipasi membantu bangsa Moro di Mindanao, agar otonomi khusus yg baru saja mrk dapatkan, akan sepenuhnya menjadi solusi unt keadilan, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat di Mindanao yg menguatkan kesatuan Philipina dan menghadirkan keamanan bagi Philipina dan negara2 tetangganya. Krn dg sukses sbg kawasan berotonomi khusus, diharapkn Mindanao tak lagi bisa dijadikn sbg basis atau tempat aktifitas terorisme ISIS, sbgmn pernah terjadi belakangan ini.” Hidayat.

Disamping itu HNW juga menyinggung masalah maraknya penyeludupan narkoba dari Malaysia yang menjadikan Indonesia sebagai negara tujuan, dan Malaysia sebagai Negara Transit. HNW berharap parlemen Malaysia bisa membuat aturan perundangan unt mencegah masuknya narkoba ke Indonesia melalui kawasan Malaysia, dg memberlakukan hukuman mati, sbgmn diberlakukan kpd siapapun yg menyelundupkn narkoba ke Malaysia.

HNW juga berharap dengan banyaknya WNI yang bekerja dan bermukim di Malaysia bisa menjadi alat pemersatu dan mempererat hubungan kedua negara dan saling menghormati serta menghargai antara pemberi kerja dan penerima kerja. sesuai dengan slogan Dewan Rakyat Malaysia: "Bersekutu Bertambah Mutu". Dan diharapkn agar Parlemen Malaysia turut berperan unt bisa tercapainya tujuan mulia tersebut.

Yang Dipertua Dewan Rakyat dalam sambutannya, mengapresiasi kunjungan Wakil Ketua MPR RI beserta rombongan dan berharap bisa menjalin kerjasama dengan MPR.

Parlemen Malaysia saat ini baru saja melalui masa transisi, dan sedang mencoba melakukan perubahan di berbagai aspek. Dato Mohammad Ariff mengakui, "Kami perlu banyak belajar dari Indonesia tentang keberagaman dan persatuan, dengan jumlah penduduk yang banyak, beragama suku dan bahasa, namun mampu hidup berdampingan, dan bisa berkali-kali menyelenggsarakan pemilu dan pilkada dengan demokratis, aman dan damai,".

Yang Dipertua setuju bahwa Negara Malaysia dan Indonesia harus aktif dan turut serta dalam mewujudkan perdamaian dan kesejahteraan di kawasan Asia Tenggara. Ia berharap diplomasi parlemen seperti itu terus dilakukan agar parlemen dapat memberikan kontribusi yang positif.

Selain bertemu yang Dipertua Dewan Rakyat, rombongan HNW juga bertemu dengan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Malaysia.***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/