Home  /  Berita  /  Olahraga

Tiba di Bandara Minangkabau, Obor Asian Games 2018 Langsung Diboyong ke Bukittinggi

Tiba di Bandara Minangkabau, Obor Asian Games 2018 Langsung Diboyong ke Bukittinggi
Api obor Asian Games 2018 tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padang Pariaman, Sumatra Barat pada Kamis (2/8). Api obor kemudian akan dibawa ke Kota Bukittinggi untuk diarak (torch relay). (foto: Sapto Andika Candra/republika.co.id)
Kamis, 02 Agustus 2018 14:09 WIB
PADANG - Api obor Asian Games 2018 tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padang Pariaman, Sumatera Barat, Kamis (2/8) siang sekitar pukul 12.10 WIB. Selanjutnya api obor dibawa ke Kota Bukittinggi untuk diarak (torch relay) oleh sejumlah tokoh nasional dan atlet.

Setibanya di BIM, api obor disambut oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit dan Menristekdikti Mohamad Nasir. Selama perjalanan menuju Bukittinggi melalui Padang Pariaman dan Padang Panjang, api obor dikawal oleh sedikitnya 300 personel kepolisian dari Polres Padang Pariaman.

Dalam kirab api obor atau torch relay di Bukittinggi hari ini, sejumlah tokoh dijadwalkan hadir. Selain dua tokoh yang disebut di atas, ada juga aktris Nadine Chandrawinata yang didaulat membawa obor.

M Nasir sendiri hadir menggantikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani yang berhalangan hadir sesuai agenda semula.

Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit menjelaskan, arak-arakan api obor kali ini terbilang unik karena kirab akan masuk ke dalam Lobang Jepang yang menjadi ikon wisata Bukittinggi.

"Api akan diarak unjungan ke lobang jepang dan panorama, termasuk ke rumah bung hatta. Malam nanti, akan ada kegiatan makan bersama silaturahim pembawa api obor di Istana Bung Hatta," jelas Nasrul, Kamis (1/8/2018) seperti dilansir republika.co.id.

Kota Bukittinggi sendiri merupakan satu-satunya kota di Sumbar yang dilalui api obor Asian Games 2018. Terdapat 21 titik di dalam kota yang akan dihampiri api obor dengan rute sepanjang 10 km.

Kapolres Bukittinggi, AKBP Arly Jembar Jumhana, mengimbau warga Bukittinggi untuk memahami kondisi di lapangan dan bersabar dengan potensi kemacetan yang mungkin terjadi. Api obor dijadwalkan tiba di Bukittinggi pukul 13.00 WIB.

"Selama kirab, kami minta pengertian dan kesabaran dari warga, karena akses jalan raya yang akan dilewati api obor, akan ditutup sementara. Jalan ditutup sekitar tiga jam. Namun hal ini dilaksanakan secara fleksibel, jika telah dilewati, kita lihat kemungkinannyan," ujar Arly, Rabu (1/8) sore. ***

Editor:Arie RF
Sumber:republika.co.id
Kategori:Padang, Sumatera Barat, Olahraga, Umum, GoNews Group, Bukittinggi
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/