Home  /  Berita  /  Politik

Tragedi Garut, Anang Hermansyah: Alarm untuk Bangsa Indonesia

Tragedi Garut, Anang Hermansyah: Alarm untuk Bangsa Indonesia
Rabu, 25 Juli 2018 15:05 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Tragedi tewasnya anak kelas 6 SD di tangan temannya sendiri di Garut sungguh menyesakkan dada. Apalagi pemciunya soal sepele, gara-gara kehilangan buku. Peristiwa ini harus menjadi alarm bagi kita semua tentang persoalan mentalitas anak-anak kita.

Menurut Anggota Komisi X DPR, Anang Hermansyah, aparat penegak hukum harus mengungkap secara detail apa penyebab dan pemicu peristiwa tersebut. "Saya meminta Polisi juga menggandeng pihak psikolog anak untuk mengetahui secara psikis mengapa anak kelas SD memiliki pikiran dan tindakan melukai hingga menghilangkan nyawa temannya," ujar Anang, Rabu (25/7/2018).

Peristiwa di Garut itu kata Anang, harus dijadikan untuk melakukan pembenahan secara menyeluruh di sektor anak. Perpres 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter belum berhasil dilakukan oleh pemerintah. Perpres tersebut hanya bagsu di atas kertas, namun implementasi di lapangan belum berjalan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan semestinya secara ajeg menjalankan Perpres tersebut dengan berkoordinasi dengan Pemda.

Orang tua dan guru harus lebih intens mengawal proses tumbuh kembang anak-anak khususnya di usia sekolah dasar dan menengah. Persoalan tontotan televisi juga harus dipastikan tidak berisi aksi kekerasan yang memicu anak-anak yang menonton menirunya. Game online melalui gadget harus terbebas dari paparan permainan yang berisi kekerasan. Kementerian Komunikasi dan Informatika harus mensterilkan ranah digital kita agar pro terhadap tumbuh kembang anak yang baik.

"Saya meminta Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan untuk melakukan langkah besar terkait persoalan yang terjadi di Garut ini. Koordinasi antarinstansi kementerian dan lembaga harus mampu membuat peta jalan untuk memastikan masa tumbuh kembang anak-anak kita berjalan dengan baik. Peristiwa di Garut adalah alarm nyata buat kita semua," pungkasnya.***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/