Home  /  Berita  /  Umum
Ukir Prestasi di Jambore Terpadu PKK Sumbar 2018

Stand Up Comedy PKK Mentawai Terbaik 2 se-Sumbar

Stand Up Comedy PKK Mentawai Terbaik 2 se-Sumbar
Ketua TP PKK Mentawai, Rosmaida Yudas (tengah) mengenakan baju adat Mentawai berkalung putih diapit kader PKK Mentawai di ajang Jambore Terpadu PKK Sumbar 2018.
Minggu, 22 Juli 2018 16:02 WIB

PAINAN - Kabupaten Kepulauan Mentawai kembali mengukir prestasi yang mengharumkan nama daerah yang dikenal dengan sebutan Bumi Sikerei itu. Kali ini, raihan prestasi berasal dari para ibu-ibu yang tergabung dalam PKK.

Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Mentawai yang dinakhodai Rosmaida Yudas berhasil keluar sebagai juara 2 terbaik se-Sumatera Barat untuk kategori lomba Penyuluhan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan tema "Rumah Sehat, Penyakit Hilang" yang ditampilkan dalam bentuk Stand Up Comedy pada Jambore Kader PKK Berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2018 di Painan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Selain memenangi kategori lomba penyuluhan PHBS, kontingen kader PKK Mentawai di Jambore itu juga berjaya pada lomba penyuluhan daur ulang sampah, dan lomba parade yel-yel, untuk masing-masing lomba meraih juara 3 terbaik se-Sumatera Barat.

Ketua TP PKK Mentawai, Rosmaida Yudas menyampaikan ucapan terima kasih kepada kepala daerah dan pemerintah daerah, dalam hal ini instansi terkait dan yang turut membantu pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di Kabupaten Mentawai hingga meraih prestasi yang membanggakan di tingkat provinsi.

"Ini patut kita syukuri, dan merupakan hasil kerja keras kita semua. Terima kasih atas pengabdian seluruh pengurus, dan seluruh kader PKK yang telah menumbuhkan motivasi yang luar biasa," katanya.

Menurutnya, Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan implementasi dari salah satu dari 10 Program Pokok PKK, sehingga pencapaian prestasi sebagai juara kedua se-Sumbar itu juga merupakan cerminan bahwa masalah prilaku hidup bersih dan sehat telah diterapkan dengan baik di Mentawai.

Prestasi tersebut, kata Rosmaida, juga merupakan ujud dari motivasi yang tinggi dari kontingen PKK Mentawai yang selalu ingin meraih prestasi terbaik di tingkat regional maupun nasional.

"Prestasi ini bukan milik pribadi, melainkan milik bersama para kader yang sudah termotivasi dengan baik sehingga bisa mewujudkan prestasi ini. Kita harus bertekad raih prestasi terbaik atau setidaknya mempertahankan peringkat ini serta berupaya terus membantu pemerintah daerah menjalankan program-program bagi masyarakat terutama di bidang PHBS, dan bidang lain dalam peningkatan taraf ekonomi keluarga,” katanya.

Sementara, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan P2KB Mentawai, Puji Rahayu menambahkan, kontingen Mentawai seluruhnya berjumlah 50 orang, yaitu dari kader PKK sebanyak 30 orang dan kader KB 20 orang, termasuk para pendamping.

Kontingen PKK Mentawai, kata Puji, telah mengikuti seluruh kategori lomba yang dipertandingkan, di antaranya lomba yel-yel Dasa Wisma, Lomba Simulasi Permainan Peran dengan topik pola asuh anak dan remaja, Lomba Stand Pameran Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Lomba Daur Ulang Sampah Keluarga, Lomba Penyuluhan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan tema rumah sehat penyakit hilang yang disampaikan secara stand up comedy, lomba kategori umum dan kesenian.

"Kontingen Mentawai mengikuti seluruh kategori pertandingan yang dilombakan, dan alhamdulillah kita bisa mendapat prestasi di tiga kategori lomba," pungkasnya.

Jambore Kader PKK Berprestasi yang dirangkai dengan kegiatan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XV, Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) dan Jambore Institusi Masyarakat Pedesaan-Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (IMP-PLKB) Tingkat Provinsi Sumatera Barat digelar di kawasan Pantai Carocok, Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, 15-18 Juli 2018.

Acara pembukaan berlangsung meriah pada Senin (16/7) dan dibuka oleh Ketua TP PKK Pusat dr Erni Guntarti Tjahjo Kumolo. Hadir pada acara pembukaan antara lain Gubenrur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, berserta seluruh Bupati dan Walikota se-Sumbar, ketua TP PKK Kab/Kota, serta jajaran Pemerintahan Daerah.(ss)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/