Home  /  Berita  /  Umum

Dinas Kesehatan Mentawai Salurkan Bantuan 25 Sepeda Motor untuk Maksimalkan Layanan Medis

Dinas Kesehatan Mentawai Salurkan Bantuan 25 Sepeda Motor untuk Maksimalkan Layanan Medis
25 unit motor disiapkan untuk menunjang kelancaran pelayanan kesehatan di Mentawai.
Jum'at, 20 Juli 2018 09:47 WIB
MENTAWAI - Guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Dinas Kesehatan Mentawai menyalurkan 25 unit kendaraan operasional roda dua untuk  lima Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Mentawai Lahmuddin Siregar mengatakan, bantuan kendaraan roda dua yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) Afirmasi  APBN 2018 itu, sangat membantu operasional dan bisa lebih mempercepat pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Kendaraan operasional ini sangat dibutuhkan bagi tenaga medis di Puskesmas yang tugasnya di wilayah terpencil dan sulit dijangkau," kata Lahmuddin di Tuapejat, Kamis (19/7/2018).

Bantuan operasional kendaraan bermotor roda dua Yamaha All New Soul GT 125 AKS  sebanyak  25 unit itu, kata Lahmuddin, nantinya akan diberikan untuk 5 Puskesmas. Masing-masing Puskesmas akan mendapat 5 unit.

"Ya masing-masing Puskesmas dapat 5 unit, tapi bagi Puskesmas yang masih punya motor lama, maka motor itu akan kita alihkan ke Pustu, " ujar Lahmuddin.

Lanjut Lahmuddin, selain kendaraan roda dua, pada tahun ini Dinas Kesehatan Mentawai juga akan mendapatkan bantuan  tambahan mobil operasional.

"Insya Allah tahun ini kita akan menerima bantuan lagi 1 unit mobil  ambulance dan 4 unit mobil untuk  Puskesmas keliling, " jelasnya.

Lahmuddin menyebutkan, sebagian besar Puskesmas di Mentawai sudah dilengkapi UGD dan ambulance yang siaga 24 jam. Namun demikian pihaknya akan  terus mendorong Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk lebih optimal agar warga semaksimal mungkin bisa dilayani di Puskesmas. 

Menurutnya hampir 40% jenis penyakit bisa ditangani terlebih dahulu di Puskesmas tanpa harus langsung ke rumah sakit yang hanya ada di Tuapejat, Sipora Utara, dengan jarak tempuh cukup jauh. 

Ditambahkan Lahmuddin, dengan adanya sepeda motor dan tidak lama lagi ada bantuan mobil operasional, maka bisa memudahkan tenaga kesehatan memeriksa warga di daerah-daerah yang sulit dijangkau.

"Semoga dengan adanya penambahan kendaraan operasional ini pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih maksimal dan yang terpenting ambulance ini gratis karena semuanya sudah di biayai pemerintah, " pungkasnya. (ss)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/