Kakanwil Kemenkumham Sumbar Investigasi Petugas Lapas yang Izinkan Napi Korupsi Keluar Penjara

Kakanwil Kemenkumham Sumbar Investigasi Petugas Lapas yang Izinkan Napi Korupsi Keluar Penjara
Kakanwil Kemenkumham, Dwi Prasetyo Santoso (foto: Covesia.com)
Rabu, 11 Juli 2018 19:03 WIB
PADANG - Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Sumatera Barat mengaku pihak tengah melakukan investigasi terhadap regu penjaga LP Anak Air Padang.

Investigasi tersebut dilakukan karena petugas mengizinkan napi kasus korupsi Yusafni keluar LP tanpa diketahui oleh Karutan dan Kakanwil Kemenkumham.

Kakanwil Kemenkumham, Dwi Prasetyo Santoso, dalam keterangannya kepada awak media di Padang menyebutkan, bahwa pihaknya sedang melakukan investigasi terhadap petugas yang menjaga Yusafni.

"Saat ini sedang dilakukan investigasi oleh sejumlah petugas terhadap tiga orang regu penjaga, Yusafni dan Kepala Lapas, namun kita belum bisa mengumumkan hasilnya," ujar Dwi Prasetyo, Rabu (11/7/2018) seperti dilansir dari covesia.com.

Kata Dwi Prasetyo, pihaknya tidak mentoleril tindakan regu penjaga yang telah membiarkan Yusafni keluar Lapas tanpa pengawalan. "Kita akan berikan sanksi jika terbukti bersalah. Jadi tidak betul kalau ada media memberitakan bahwa Kakanwil Kemenkumham membenarkan tindakan petugas tersebut," ujar Dwi Prasetyo.

"Sejauh ini, kita tidak menemukan adanya suap di Lapas terkait keluarnya Yusafni dari lapas tanpa izin. Memang betul ada rasa kemanusiaan dari petugas, namun itu sudah menyalahi aturan dan petugas tersebut bisa dikenakan sanksi," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Permasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumbar, Sumar Agus menyebutkan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah petugas.

"Ada waktu selama empat belas hari untuk memeriksa petugas dan Yusafni, mudah-mudahan tiga hari ke depan kita sudah mendapatkan hasilnya," kata Sumar. ***

Editor:Arie RF
Sumber:covesia.com
Kategori:Uncategories
wwwwww