Home  /  Berita  /  Peristiwa

Jumat Sore, Gempa 4,3 Skala Richter Kembali Guncang Sumbar

Jumat Sore, Gempa 4,3 Skala Richter Kembali Guncang Sumbar
ilustrasi
Jum'at, 22 Juni 2018 18:22 WIB
PADANG - Gempa bumi berkekuatan 4,3 skala richter mengguncang Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada Jumat (22/6/2018) sore tadi pukul 15.19 WIB.

Getarannya juga dirasakan hingga ke Kota Padang dan sekitarnya. Data dari BMKG, pusat gempa berlokasi di 2.21 LS dan 100.60 BT atau 63 km barat daya Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar.

Pusat gempa di kedalaman 10 km dan dinyatakan tidak berpotensi tsunami.

"Pusat gempa di 2,21 lintang selatan dan 100,60 bujur timur, tepatnya 63 kilometer barat daya Pesisir Selatan," kata Pelaksana Tugas Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Rahmat Triyono, di Padang, Jumat (22/6/2018) seperti dilansir dari rilis.id.

Rahmat mengatakan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, dan mengimbau masyarakat agar tidak panik saat terjadi gempa.

Getaran gempa tersebut juga dirasakan di Kota Padang dan sekitarnya yang membuat warga setempat terkejut.

Salah seorang warga Padang, Melani, mengatakan gempa yang dirasakan cukup kuat dan membuat dirinya dan rekan satu kantor terkejut.

"Kami sedang bekerja, tiba-tiba terasa getaran. Namun tidak lama," kata dia.

Sebelumnya, pakar gempa dari Universitas Andalas (Unand) Dr Badrul Mustafa, mengatakan Sumbar secara umum belum termasuk pada daerah yang sadar gempa karena di beberapa kabupaten/kota masih terdapat bangunan tidak tahan bencana itu.

"Saya ingin pemerintah setempat dapat mendorong daerah-daerah yang rawan bencana gempa dan tsunami dapat meningkatkan kesiapsiagaan, baik itu fisik dan non fisik dalam menghadapi bencana itu," katanya.***

Editor:Arie RF
Sumber:rilis.id
Kategori:Pesisir Selatan, Padang, Sumatera Barat, Peristiwa, Umum, GoNews Group
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/