Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Wabup Mentawai: Jangan Sampai Masyarakat Jadi Penghambat Pembangunan

Wabup Mentawai: Jangan Sampai Masyarakat Jadi Penghambat Pembangunan
Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake menyerahkan bantuan kepada pengurus Mesjid Almujahidin Dusun Pasupat.
Kamis, 07 Juni 2018 09:19 WIB

MENTAWAI - Wakil Bupati Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake mengajak warga Desa Saumanganya, Kecamatan Pagai Selatan mendukung secara aktif kelancaran dan percepatan pembangunan di daerahnya.

" Seringkali di masyarakat ada yang tidak berkenan apabila tanahnya harus diganti rugi karena untuk pembangunan pelebaran jalan misalnya. Masalah ini kalau tidak dikomunikasikan dengan baik, maka pembangunan tentu akan terhambat, " kata  Wabup Kortanius saat melakukan Safari Ramadhan hari ke-20, di Masjid Almujahidin, Dusun Pasapuat, Desa Saumanganya, Kecamatan Pagai Selatan, Selasa (5/6).

Adanya warga yang mempersoalkan masalah ganti rugi tanah, kata Korta, kadang terkesan  seperti warga itu menghambat pelaksanaan pembangunan. Padahal yang terjadi sebenarnya hanya kurangnya komunikasi yang baik, antara pihak pemerintah daerah dan warganya.

Untuk itu Korta mengajak seluruh warga mendukung program pembangunan. Apalagi 2 sampai 3 tahun mendatang,  Dusun Pasapuat, Desa Saumanganya, Pagai Selatan akan jadi  gerbang utama Pulau Sikakap.

"Nantinya di sini akan menjadi tempat persinggahan banyak orang, akan ramai. Nah hal ini tentu membutuhkan kerja sama kita, agar masyarakat tidak ada yang menghambat ketika dibangun jalan atau pelebaran jalan nantinya, hanya karena masalah ganti rugi," kata Korta.

Korta melanjutkan,  ketika jalan terbentuk, jalur kapal penyeberangan akan dijadikan satu titik, yakni  di dermaga Sagitci dan dermaga Pasapuat selanjutnya melalui darat.

"Dengan demikian akan terjadi peningkatan ekonomi yang semakin baik. Urat nadi perekonomian adalah adanya jalan, juga nanti ada pelabuhan yang dilengkapi sarana komunikasi. Ini semua bisa terwujud bila ada kerjasama yang baik dari warga setempat, " ujar dia.

Terkait Safari Ramadhan, kata Korta, dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi, mempererat silaturahmi, dan rasa persaudaraan sebagai umat beragama bersama  Pemerintah Daerah, TNI, Polri,  tokoh agama dan masyarakat, sehingga tercipta kebersamaan yang aktif  dalam menjaga keamanan bernegara dan beragama.  

Tim Safari Ramadhan Kabupaten Mentawai yang dipimpin Wabup Kortanius pada kunjungannya ke Dusun Pasapuat itu juga menyerahkan bantuan kepada pengurus Mesjid Almujahidin berupa beberapa kitab suci Alquran, tikar, sajadah, dan tafsir Quran serta uang tunai.

Ikut dalam Tim Safari Ramadhan, antara lain Asisten II Bidang Ekobang Setda Kab. Mentawai D. Lubis, Wakapolres Mentawai Kompol Alvira, Pasinter Kodim 0319 Mentawai Kapten F. Putra Damanik Irawan, dan Ustadz Salim Parangin-Angin. (ss)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/