Loading...    
           

Pasaman Barat Kembali Raih WTP

Pasaman Barat Kembali Raih WTP
Sabtu, 26 Mei 2018 02:44 WIB
Penulis: Rio Nasution
PASAMAN BARAT - Untuk kedua kalinya, Pemerintahan Pasaman Barat kembali meraih opini WTP (wajat tanpa pengecualian), hal ini tentunya menjadi sejarah untuk Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) yang telah mekar selama 14 tahun.

Pada tahun ketiga kepemimpinan Bupati H. Syahiran dan wakil Bupati, H. Yulianto, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasbar meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemkab Pasbar Tahun Anggaran (TA) 2017.

Opini WTP dari BPK RI sebelumnya berhasil diraih Pemkab Pasbar dari BPK atas LKPD Pemkab Pasbar TA 2016 yang diterima oleh bupati Syahiran pada tanggal 2 Juni 2017 lalu.

Opini WTP atas LKPD TA 2017 yang diperoleh Pemkab Pasbar merupakan opini tertinggi dari BPK sebagai pernyataan profesional BPK RI kepada Pemkab Pasbar berdasarkan indikator kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

LHP yang memperoleh opini WTP dari BPK atas LKPD Pemkab Pasbar Tahun 2017 diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK RI Sumatera Barat (Sumbar) di gedung BPK RI, Padang, Jumat (25/5).

Kepala BPK RI, Pemut Aryo Wibowo dalam arahannya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas peraihan opini yang diperoleh. Hal tersebut merupakan bentuk kerjasama yang baik antara Pemda dan DPRD dalam berkomitmen mendukung secara penuh pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel.

"Kabupaten Pasaman Barat untuk kedua kalinya berhasil meraih Opini WTP dari BPK. terima kasih atas kerjasamanya. Hal ini merupakan bentuk kerja keras Pemda dan DPRD dalam mewujudkan sistem pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel," katanya.

Sementara Bupati Pasbar, H. Syahiran kepada wartawan mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah bekerja keras dalam pengelolaan keuangan Pemda yang telah mencapai standar BPK sehingga dapat meraih opini tertingi yakni WTP.

"Terima kasih kepada seluruh OPD dan jajaran atas kinerjanya. Terima kasih juga kepada masyarakat Pasbar atas dukungannya sehingga penyelenggaraan pemerintahan Pemda Pasbar dapat berjalan dengan baik," ungkap Syahiran. ***


Loading...
wwwwww