Home  /  Berita  /  Umum

Pakai Baju Kurung Basiba 'Ciri Khas Perempuan Ranah Minang', Ibu Negara Iriana Joko Widodo Dapat Pujian

Pakai Baju Kurung Basiba Ciri Khas Perempuan Ranah Minang, Ibu Negara Iriana Joko Widodo Dapat Pujian
Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan baju kurung basiba.
Senin, 21 Mei 2018 18:23 WIB
PADANG - Ibu negara  Iriana Joko Widodo panen pujian saat mendampingi kunjungan kerja Presiden Jokowi di kota Padang, Senin (21/05/2018). Pasalnya, sejak turun dari pesawat kenegaraan, pukul 09.15 wib, Ibu Iriana memakai busana dengan corak yang tak asing bagi wanita Ranah Minang yaitu Baju Kurung Basiba.

''Salut juga sama Ibu Iriana mau menggunakan busana khas Sumatera Barat,'' kata pelaku usaha serta penggiat lestarinya songket Minang, Nanda Wirawan melalui pesan singkat Whatsapp.

Menurut Nanda, busana yang dipakai Ibu Iriana merupakan Baju Kurung Basiba, ciri khas perempuan Ranah Minang.

''Itu baju kurung basiba kayaknya sama batik Lasem. Biasanya pakai selendang panjang untuk tutup kepala,'' tambah pemilik Studio dan workshop songket Pinankabu di Canduang Kabupaten Agam ini.

Nanda menambahkan, motif batik yang dipakai Iriana merupakan motif pesisiran yang dikembangkan oleh pengusaha busana khas daerah si Sumatera Barat.

''Batiknya motif pesisiran, di Minang kita biasa juga mamakai motif pesisiran seperti batik Tuban, yang kini dibuat oleh orang kita, dikenal dengan batiak tanah liek,'' tulisnya lagi.

Namun soal siapa perancang busana Ibu Iriana, Nanda menjawab tidak mengetahuinya.

Ibu Iriana sebelumnya juga pernah menggunakan busana adat Minangkabau saat menghadiri pidato kenegaraan presiden tanggal 16 Agustus 2017 lalu di gedung MPR/DPR. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:topikini.com
Kategori:Umum, Pemerintahan, GoNews Group, Sumatera Barat, Padang
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/