Home > Berita > Umum

Kue Brownies Keladi Ikan Khas Mentawai Juara se-Sumbar

Kue Brownies Keladi Ikan Khas Mentawai Juara se-Sumbar
Rabu, 16 Mei 2018 05:26 WIB
MENTAWAI - Kue brownies khas Mentawai hasil olahan kontingen Forum Peningkatan Konsumsi Makan Ikan (Forikan) Kabupaten Kepulauan Mentawai berhasil meraih juara III pada perlombaan memasak ikan yang digelar Forikan Sumbar di Padang Sabtu (12/5/2018) lalu.

Forikan Mentawai merupakan organisasi yang berupaya untuk meningkatkan dan melakukan peningkatan gizi masyarakat dengan cara mengkonsumsi ikan. Di Kabupaten Mentawai, keberadaan Forikan dinaungi Dinas Perikanan Mentawai.

Ketua Forikan Mentawai, Rosmaida Yudas mengatakan meskipun Kabupaten Mentawai merupakan salah satu daerah penghasil ikan, namun ternyata masyarakat Mentawai masih rendah dalam mengkonsumsi ikan. Hal ini menurut Rosmaida mungkin karena rendahnya pengetahuan dalam mengolah makanan berbahan ikan.

''Inilah mungkin penyebabnya warga atau ibu-ibu belum bisa mengolah ikan dalam berbagai variasi, sehingga jadi bosan," kata Rosmaida Yudas, istri bupati Mentawai Yudas Sabaggalet di Tuapejat, Selasa (15/5/2018).

Forikan Mentawai, kata Rosmaida selalu melakukan kampanye dengan mendatangi setiap PAUD/TK dan SD di Mentawai sekaligus mengajak anak-anak makan berbagai kue buatan dari ibu-ibu anggota Forikan. Forikan Mentawai berusaha menyajikan bahan dari ikan dalam berbagai bentuk, termasuk kue yang disukai anak-anak.

''Kue browies yang menang se-Sumatera Barat kemarin itu bahan dasarnya ikan, dan kita campur dengan tepung keladi, nah ternyata hasil olahan ini lebih menarik daripada kita makan yang masih dalam bentuk ikan saja," kata Rosmaida.

Lomba masak dengan bahan dasar ikan yang digelar Forikan Sumbar diikuti oleh seluruh Forikan kabupaten/kota se-Sumatera Barat. Lomba mempertandingkan tiga kategori lomba yaitu lomba memasak menu keluarga, membuat olahan makanan balita dan membuat cemilan. Kabupaten Mentawai terpilih sebagai juara dalam kategori membuat cemilan atau snack.

''Ya kita mengolah bahan-bahan lokal, seperti keladi kita modifikasi menjadi brownies keladi dan ikan, selain itu juga kita membuat subbet dengan ikan lalu digulung," ujarnya.

Rosmaida menambahkan, lomba masak berbahan ikan itu juga merupakan bentuk inovasi yang bertujuan mengajak masyarakat terutama anak-anak agar gemar memakan ikan. Selain juga kata Rosmaida, lomba tersebut memunculkan inovasi bagaimana membuat suatu makanan atau ikan bisa disukai oleh orang-orang, dengan cara antara lain mengkombinasikan antara ikan dengan makanan lainnya, misalnya keladi atau pisang. (ss)

Editor:Hermanto Ansam
Kategori:Umum, Pemerintahan, Sumatera Barat, Kepulauan Mentawai
wwwwww