Home  /  Berita  /  GoNews Group

Taufik Kurniawan Berharap Tak Ada Kenaikan Harga Pangan Jelang Ramadan Hingga Lebaran

Taufik Kurniawan Berharap Tak Ada Kenaikan Harga Pangan Jelang Ramadan Hingga Lebaran
Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan. (dok. GoNews.co)
Jum'at, 11 Mei 2018 15:03 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan berharap, tak ada kenaikan harga pangan menjelang Ramadan yang tinggal beberapa hari lagi, dan dilanjutkan Lebaran.

Menurutnya, selama ini ada kecenderungan harga pangan naik dan langka ketika jelang puasa dan mendekati lebaran.

"Ya kita tahu, di tengah kondisi ekonomi masyarakat saat ini, kenaikan harga pangan tentu sangat berpengaruh. Jelang puasa yang tak lama lagi, pemerintah harus pastikan harga pangan stabil, dan tersedia di pasaran. Jangan sampai ada kelangkaan pangan yang dibutuhkan masyarakat," kata Taufik dalm pesan singkatnya, Jumat (11/5/2018).

Taufik menilai, operasi pasar bisa menjadi salah satu solusi untuk menstabilkan harga pangan. Di sisi lain ketegasan pemerintah untuk menertibkan agen atau pedagan nakal yang manaikkan harga ataupun menimbun komoditas, juga diperlukan. Kebutuhan masyarakat harus dibutuhkan.

Kadang ada saja agen atau pedagang nakal yang memainkan harga pangan, karena mereka berpikir permintaan sedang tinggi, sehingga harga dinaikkan. Ini harus menjadi perhatian pemerintah juga," tandas politisi PAN itu.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memastikan harga pangan akan tetap stabil saat memasuki Ramadhan dan Idul Fitri 2018. Menurut dia, harga pangan hanya mengalami inflasi sebesar satu persen saja.

"Harga pangan tidak ada masalah. Jadi waktu kemarin inflasi harga pangan itu negatif, enggak banyak, tapi cuma 1 koma berapa persen," ujar Darmin di Riau, Rabu (9/5/2018).

Bahkan, Darmin menyebut ada beberapa komoditi pangan yang harganya akan terus turun saat memasuki bulan Ramadan hingga Idul Fitri. ***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77