Home  /  Berita  /  Pendidikan

Di Mentawai, Ujian SD Mulai Digelar Hari Ini

Di Mentawai, Ujian SD Mulai Digelar Hari Ini
Kamis, 03 Mei 2018 20:48 WIB
MENTAWAI - Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk Sekolah Dasar (SD) di Mentawai dimulai hari ini. Ujian dilaksanakan tiga hari, yaitu Kamis-Sabtu, 3-5 Mei 2018.

Dari pantauan GoSumbar pada pukul 07.35 WIB, aktivitas di depan sekolah tampak sepi. Di depan SDN 16 Tuapejat Sipora Utara, misalnya. Pagar sekolah tampak telah tertutup dan suasana sepi, hanya papan pengumuman dengan tulisan ''Harap Tenang, Ada Ujian'' yang terpasang ditopangkan pada sebuah kursi dekat pintu salah satu ruang kelas sekolah dasar yang tercatat sebagai salah satu sekolah dasar terbaik di Mentawai itu.

''Saya antar anak tadi kurang dari jam 7-an lah, karena dari pihak sekolah sudah ngasih tahu, sebelum ujian jam 8, akan ada pengarahan dari para guru, dan pintu sekolah akan ditutup jam 7.30,'' ujar Syarman (40), salah seorang orang tua murid di SD tersebut.

Tidak seperti hari-hari biasanya, untuk mendukung pelaksanaan USBN, SDN 16 Tuapejat memberlakukan peraturan ketat, diantaranya orang tua murid dan para pengantar hanya diperbolehkan menunggu siswa ujian di depan sekolah, dan kendaraanpun tidak diperkenankan untuk diparkir di halaman sekolah.

"Hari ini anak-anak akan dijadwalkan mengikuti ujian bahasa Indonesia. Nanti hari kedua Matematika dan hari terakhir Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), mudah-mudahan dengan suasana tenang siswa dapat lancar mengikuti ujian," ujar Murni, salah seorang guru di SD tersebut.

Sementara, Qamaisir Kabid SD dan SMP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Mentawai menyebutkan USBN yang digelar mulai hari ini diikuti 118 Sekolah, yaitu 6 sekolah swasta dan 112 sekolah negeri, dengan murid sebanyak 2.032 siswa, dan ada 29 sekolah yang telah ditunjuk sebagai titik penyelenggara USBN.

"Penentuan titik penyelenggaran USBN ini untuk mempermudah monitoring saja, karena kalau masing-masing sekolah yang melaksanakan ujian, kadang ada sekolah yang sedikit siswanya, jadi langkah yang kita lakukan menentukan titik terdekat agar sekolah yang jauh dapat terjangkau," kata Qamaisir.

Dijelaskan Qamaisir, 29 sekolah penyelenggara USBN tersebar di suruh Kabupaten Kepulauan Mentawai. Seperti di kecamatan Sipora Utara terdapat 4 titik penyelenggaraan USBN yakni di SDN 12 Betumonga, SDN 13 Tuapeiat, SDN 16 Tuapeijat, SDN 05 Goiso Oinan. Diikuti 14 sekolah denga total peserta 258, begitu juga untuk kecamatan yang lain di Kabupaten kepulauan Mentawai.

Menurut Qamaisir Ada beberapa perbedaan pada pelaksanaan USBN SD 2018 dibanding tahun sebelumnya. Kata dia tahun ini USBN akan mengubah format dengan menyertakan 10 persen soal uraian selain soal pilihan ganda yang biasa digunakan. Selain USBN, ada pula Ujian Sekolah (US) yang akan diikuti siswa. Lima mata pelajaran yang diujikan dalam US yaitu: Pendidikan Agama, PPKN, IPS, Seni Budaya, serta Penjaskes.

Sementara untuk pembuatan soal, pola pembuatan soal ujian juga turut mengalami perubahan. Tahun lalu kata Qamaisir, 25 persen soal disiapkan oleh pusat dan 75 persen soal dibuat oleh guru serta dikoordinasikan oleh dinas pendidikan provinsi. Tahun ini 20 persen hingga 25 persen soal disiapkan oleh pusat, sedangkan 75 persen hingga 80 persen disiapkan oleh guru yang tergabung dalam kelompok kerja guru (KKG). Untuk ujian sekolah, seratus persen soal disiapkan sekolah berdasarkan kisi-kisi nasional yang disiapkan oleh pusat. (ss)

Editor:Hermanto Ansam
Kategori:Pendidikan, GoNews Group, Sumatera Barat, Kepulauan Mentawai
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77