Home  /  Berita  /  Pendidikan

Mendikbud Ajak Semua Pihak Bersinergi Kuatkan Pendidikan

Mendikbud Ajak Semua Pihak Bersinergi Kuatkan Pendidikan
Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet memimpin upacara bendera dalam rangka Hari Pendidikan Nasional ke 110 tahun 2018 di pelataran kantor bupati setempat
Rabu, 02 Mei 2018 23:03 WIB
MENTAWAI - Para insan pendidikan dan kebudayaan harus menyadari  bahwa  kondisi  ideal pendidikan dan  kebudayaan nasional yang dicita-citakan masih jauh dari jangkauan, karena itu harus semua pihak harus terus berusaha keras untuk memperluas akses  pendidikan yang berkualitas, terus-menerus mengalibrasi praktik pendidikan agar  memiliki presisi atau ketelitian yang tinggi sesuai dengan tuntutan masyarakat, lapangan  pekerjaan dan kebutuhan pembangunan.

Demikian sambutan tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy yang dibacakan Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) ke-110 tahun 2018, yang mengangkat tema "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan" di halaman kantor Bupati Mentawai di Tuapejat, Rabu (2/5/2018)

Dikatakan, digelarnya peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018 merupakan momentum bagi semua pihak untuk bersama menyatukan tekad dalam menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan.

Masih dalam sambutannya, Muhadjir mengatakan pelaksanaan reformasi sekolah, peningkatan kapasitas, dan profesionalisme guru, kurikulum yang hidup dan dinamis, sarana dan prasarana yang andal, serta teknologi pembelajaran yang mutakhir, menjadi keniscayaan pendidikan nasional bila tidak dilakukan semua pihak secara bersinergi.

"Oleh karena itu, secara tulus ingin saya katakan bahwa tidak bisa tidak, pendidikan harus menjadi urusan semua pihak. Semua pihak harus bergandeng tangan, bahu membahu, bersinergi memikul tanggung jawab bersama dalam menguatkan pendidikan,'' tegasnya

Diakhir sambutannya, Muhadjir menekankan bahwa pendidikan harus dilakukan secara seimbang oleh tiga jalur, baik jalur formal, nonformal, maupun informal. Ketiganya diposisikan setara dan saling melengkapi. Masyarakat diberi kebebasan untuk memilih jalur pendidikan. Oleh karena itu, pemerintah memberikan perhatian besar dalam meningkatkan ketiga jalur pendidikan tersebut.

Pelaksanaan upacara bendera dalam rangka memperingati Hardiknas di Mentawai berjalan cukup hikmat. Ikut hadir pada upacara itu, antara lain unsur pimpinan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), jajaran Kepolisian Polres Mentawai, Kodim 0319 Mentawai Kepala OPD di jajaran Pemkab Mentawai, dan tamu undangan lainnya. (sa)

Editor:Hermanto Ansam
Kategori:Pendidikan, Pemerintahan, Sumatera Barat, Kepulauan Mentawai
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/