Home  /  Berita  /  Peristiwa

BPBD Mentawai Imbau Warga Agar Waspada Terhadap Cuaca Buruk

BPBD Mentawai Imbau Warga Agar Waspada Terhadap Cuaca Buruk
ilustrasi
Jum'at, 27 April 2018 20:49 WIB
MENTAWAI - Menyikapi kondisi cuaca buruk, angin kencang, hujan lebat yang sedang terjadi sejak beberapa hari BELAKANGAN di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mentawai, Nurdin mengimbau agar masyarakat berhati-hati beraktivitas di luar rumah yang dapat membahayakan terutama masyarakat di daerah dekat laut, juga masyarakat yang berada di pinggiran atau dekat sungai.

"Kami menghimbau kepada masyarakat dengan kondisi cuaca yang cukup ekstrim, angin kencang, gelombang laut yang tinggi, agar tetap waspada. Jika perlu untuk tidak beraktivitas di luar rumah yang bisa membahayakan," kata Nurdin, Jumat (27/4/2018).

Nurdin juga mengharapkan kerjasama Satgas yang ada di masing-masing desa dan kecamatan terus memantau kondisi daerahnya dalam kondisi cuaca saat ini.

"Kita berharap Satgas dibantu juga oleh masyarakat yang ada di kecamatan atau di desa dapat melaporkan kondisi daerahnya apabila ada kejadian yang perlu segera ditindaklanjuti, misalnya banjir, atau longsor, sehingga kita tidak ragu mengambil keputusan," kata Nurdin.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mentawai kata Nurdin akan terus melakukan monitor daerah dari lapangan, terutama daerah yang rawan banjir dan longsor. "BPBD akan monitor terus, dan perlu kerja sama semua pihak melaporkan jika ada kejadian bencana," kata
Nurdin.

Nurdin menghimbau masyarakat yang berada di daerah dekat sungai dapat bergotong royong jika ada saluran yang tersumbat dan kayu-kayu yang menghambat saluran sungai segera dibersihkan.

Hasil Pantauan informasi prakiraan cuaca versi BMKG yang dilaporkan dari akun resmi Pusdalop Kabupaten Kepulauan Mentawai, kondisi wilayah Kecamatan Sipora Utara sedang diguyur hujan.

Kecamatan Sipora Selatan juga diguyur hujan lebat dan angin kencang, Kecamatan Siberut Selatan sedang diguyur hujan disertai angin kencang. Lalu Kecamatan Siberut Barat Daya belum ada informasi, Kecamatan Siberut Utara belum ada respon atau informasi, Kecamatan Sikakap sedang diguyur hujan.

Kecamatan Pagai Selatan, informasinya sedang diguyur hujan dan gelombang laut besar, Kecamatan Pagai Utara informasi diguyur hujan dan disertai angin kencang, Kecamatan Siberut Barat belum ada respon atau informasi. Kecamatan Siberut Tengah belum ada informasi.

Hingga saat ini tidak ada laporan kebencanaan yang diterima BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai.(ss)

Editor:Arie RF
Kategori:Peristiwa, GoNews Group, Kepulauan Mentawai
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/