Home  /  Berita  /  Politik

Wabup: Tunjukkan Cara Berpolitik yang Baik dan Humanis

Wabup: Tunjukkan Cara Berpolitik yang Baik dan Humanis
Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake.
Kamis, 26 April 2018 20:13 WIB
MENTAWAI - Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake mengharap penyelenggaraan Pemilu 2019 nanti dapat berjalan lancar tanpa konflik. Harapan itu disampaikan Wabup dalam acara Sosialisasi Pemilu serentak 2019 yang diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Korta menegaskan, para peserta Pemilu nanti harus dapat menunjukkan cara berpolitik yang baik, dan humanis. Sosialisasi Pemilu itu dilaksanakan di Pelabuhan Tuapeijat, Kilometer 0, Kamis, 26 April 2018.

"Tunjukan cara berpolitk yang baik dan humanis. SARA jangan dijadikan sebagai alat untuk merebut kekuasaan dan menciptakan konflik. Harapan kita konflik tidak terjadi di Mentawai. Sampai saat ini daerah kita sangat aman, kalau ini terjadi masyarakat kita akan apatis. Kepada parpol, pemimpin kita dan semoga Pemilu di Mentawai berjalan dengan baik," kata Korta.

Lebih lanjut Korta mengatakan, konstalasi politik saat ini dipadukan dengan isu-isu SARA, mulai diadu dengan berita hoax. "Harapan kami kepada parpol berpolitiklah dengan baik, berpolitiklah yang damai, jangan adu domba, jangan saling memburukkan," katanya.

Mantan Wakil Ketua DPRD Mentawai juga menyampaikan apresiasi kepada KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai yang melaksanakan sosialisasi dengan memadukan pertunjukan seni budaya.

"Kami berterimakasih kepada KPU memadukan kegiatan sosialisasi dengan pertunjukkan seni budaya," kata Korta.

"Semoga ini juga melekat kepada anggota KPU yang baru dengan pendekatan budaya, tidak hanya tari Mentawai ke depan tapi juga ada tari budaya lain, seperti Batak, Nias, Minang yang ditampilkan sehingga kebudayaan yang ada di Mentawai tetap terjalin aman damai," kata Wabup.

Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai, Laurensius Sarogdok mengatakan, sosialisasi Pemilu serentak 2019 dilakukan dengan memadukan pertunjukan seni nuansa kebudayaan Mentawai.

"Semoga dengan sosialisasi nuansa kebudayaan ini, batin kita menyatu dimana pun kita berada, membawa nuansa kebatinan dalam pembangunan, pagelaran seni budaya dengan tari kreasi. Jangan melihat siapa menang, tapi melihat Mentawai yang berbudaya dan beradat. Mari sama-sama mensukseskan Pemilu serentak tahun 2019," kata Laurensius Sarogdok.

Sementara itu dalam pelaksanaan pemilu serentak di Mentawai, Kapolres Kabupaten berjanji akan mengawal pelaksanaan Pemilu berjalan dengan lancar. "Melalui seni budaya kita harapkan pelaksanaan Pemilu nantinya berjalan lancar, bagi yang sudah terdaftar sebagai pemilih dapat memberikan suaranya sesuai dengan hati nuraninya. Semua lapisan masyarakat, pemangku kepentingan dapat mendukung jalannya Pemilu tertib, aman, terkendali. Kita sambut Pemilu dengan rasa kebersamaan, kekompakan, kami akan siap mengamankan pesta demokrasi pada 2019," kata Kapolres Mentawai, AKBP Hendri Yahya dalam sambutannya.

Pada sosialisasi yang dibarengi pertunjukan seni budaya tersebut digelar perlombaan tari kreasi dan tarian adat Mentawai.

Hadir dalam acara sosialisasi tersebut Dandim Kabupaten Kepulauan Mentawai, Letkol CZI Didid Yusnadi, Ketua Panwaslu Mentawai Joko Haryanto dan pimpinan partai politik yang ada di Mentawai. (ss)

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/