Home  /  Berita  /  GoNews Group

Pegulat Putri Latihan Fisik, Putra Perdalam Teknik di Bulgaria

Pegulat Putri Latihan Fisik, Putra Perdalam Teknik di Bulgaria
Kamis, 26 April 2018 21:14 WIB
Penulis: Azhari Nasution
BLAOVGRAD - Seluruh pegulat Pelatnas Asian Games 2018 bersama-sama beranjak dari pelataran Hotel Monte Cristo menuju perbukitan yang dipenuhi pepohonan dan berjarak sekitar 200 meter dari hotel. Mereka didampingi pelatih Peter Kabasov di tim Bulgaria, dan Fathur Rahman dari tim Indonesia, ikut serta.

"Saya harus ikut untuk menambah semangat anak-anak," kata Fathur Rahman, pelatih Timnas Gulat Gaya Bebas putri asal Lumajang, Jatim, itu, Kamis (26/4/2018) siang waktu setempat atau sore WIB. 

"Sewaktu masih di ISTC kami juga sering latihan ke perbukitan bersama-sama, tetapi disini tentu agak berbeda karena suhunya lebih dingin," kata Fathur, yang sudah menangani Timnas Gulat Asian Games 2018 sejak pelatnas di Bandung tahun 2017 dan kemudian di Icuk Sugiarto Training Camp (ISTC), Cisaat, Sukabumi, antara medio Februari hingga awal April baru lalu itu.

Menempa kekuatan fisik dengan mendaki perbukitan mungkin menjadi salah satu varian latihan yang disukai para pegulat putri Indonesia maupun Bulgaria, setelah latihan matras dan teknik yang dominan. Padahal, disamping mendaki perbukitan terjal dengan jarak tempuh lebih dari satu jam pulang pergi itu, mereka juga harus "push up" depan dan belakang. 

"Masing-masing lima set dengan 30 kali push up, jadi setiap orang 150 kali push up," papar Fathur Rahman.

Hari kelima keberadaan 18 pegulat nasional di Bulgaria, Kamis (26/4/2018) ini, dijalani dengan varian latihan yang berbeda. Jika enam pegulat putri menempa kekuatan fisiknya dengan mendaki perbukitan, tim putranya melakukan latihan peningkatan penguasaan teknik. 

"Kami warming-up dengan bermain basket lebih dulu," ujar pelatih Zulhaidir dari basis tim Gaya Bebas putra di Vitosha.

Varian bermain basket mendahului peningkatan teknik sebelumnya dilakukan tim putri pada sesi latihan Rabu sore kemarin.

Sementara itu, enam pegulat Gaya Grego yang ditangani duet pelatih Edem Abduraimov dan Buyamin menggelar latihan di atas matras di basis mereka di Samakov. Latihan bersama dilakukan dengan pegulat nasional Aljazair.

"Para pegulat Gaya Grego dari Timnas Bulgaria besok sudah harus terbang ke Rusia mengikuti Kejuaraan Eropa," ucap Buyamin.

Kejuaraan Gulat Eropa digelar di Kaaspisk, Rusia, 30 April-6 Mei. Nomor Grego memang dikompetisikan lebih dulu, disusul Gaya Bebas putra dan terakhir putri. ***

Editor:Muslikhin Effendy
Kategori:GoNews Group, Umum, Peristiwa, Olahraga
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/