Home  /  Berita  /  GoNews Group

Gelar Try Out untuk Pelajar SMA se-Indonesia, PDI-Perjuangan: Tak Ada Kaitan Politik

Gelar Try Out untuk Pelajar SMA se-Indonesia, PDI-Perjuangan: Tak Ada Kaitan Politik
Konfrensi pers rencana DPP PDI P menggelar try out untuk pelajar SMA se- Indonesia. (Muslikhin/GoNews.co)
Kamis, 26 April 2018 19:28 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Dalam rangka membantu para siswa SMA masuk ke perguruan tinggi. Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan kembali menggelar Program Try Out Nasional Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBM-PTN) 2018.

Hal ini diungkapkan Ketua DPP Bidang Pemuda dan Olahraga Sukur H Nababan dalam konfrensi pers yang digelar di DPP PDIP, Jakarta, Kamis (26/4/2018).

"Program Try Out ini merupakan salah satu program kerja strategis DPP PDI-Perjuangan yang tujuannya untuk membantu pemerintah dalam menyukseskan program pendidikan nasional," ujarnya.

Saat ditanya kenapa Try Out ini dilaksanakan menjelang pemilu dan pilpres 2019, Sukur menjawab hanya kebetulan saja. "Pelaksanaannya secara kebetulan memang mendekati pemilu. Tapi sebenarnya program ini sudah berjalan sejak tahun lalu, jadi bukan ada agenda politik," jelasnya.

Try Out ini kata dia, murni untuk memfasilitasi anak-anak SMA sederajat guna mempersiapkan mental dan psikologi saat menghadapi SBMPTN, kerena lanjut dia, suasana Try Out sama dengan suasana pada saat SBMPTMNnantinya.

"Kegiatan ini juga mempersiapkan para siswa-siswi agar paham bagaimana cara pengisian data-data pribadi dan datapengisian lembar jawaban pada saat SBMPTN nanti. Karena jujur saja, saat ini masih banyak siswa yang melakukan kesalahan pada saat mengisi data-data dan lembar jawaban," tandasnya.

Selanjutnya, Try Out ini juga diharapkan menjadi alat ukur para siswa mengenai kemampuan dan tujuan perguruantinggi. "Karena kami membuat soal-soal yang terukur dan identifikasi PTN saatTry Out. Kami juga memberikan pemahaman kepada siswa dalam menentukan universitas unggulan, Misalnya, daya tampung dan grade universitas," tukasnya.

Materi Try Out inipun kata dia, yang disajikan hampir mirip dengan soal yang keluar dalam SBMPTN.

"Jadi kita sangat berkeinginan, agar kegiatan Try Out ini menjadi motor perubahan generasi muda untuk Indonesia. Sekali lagi saya tegaskan, DPP PDI-Perjuangan Bidang Pemuda dan Olahraga (Pora), sebelumnya telah menyelenggarakan Program Try Out Nasional secara serentak di seluruh Indonesia, pada tahun 2016, jadi bukan tahun ini saja," tegasnya.

Kegiatan Try Out ini kata dia, juga pernah diikuti sekitar 300.000 pelajar yang dibuka langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri, pada 21 Mei 2016, di Goor Ciracas, Jakarta Timur.

"Dan Try Out SBMPTN 2016 lalu, kami bahkan mendapat 'REKOR MURI dengan kategori peserta terbanyak yang dilakukan serentak Se- Indonesia," pungkasnya.

Hadir dalam konfrensi pers tersebut, Ketua Panitia Try out DPP PDI Perjuangan Ikravany Hilman. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/