Home  /  Berita  /  GoNews Group

Bantu Siswa SMA Masuk PTN, PDI P Gelar Try Out Gratis di 34 Provinsi

Bantu Siswa SMA Masuk PTN, PDI P Gelar Try Out Gratis di 34 Provinsi
Konfrensi pers DPP PDI-P Bidang Pemuda dan Olahraga. (Muslikhin/GoNews.co)
Kamis, 26 April 2018 19:26 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Dalam rangka membantu para siswa SMA masuk ke perguruan tinggi. Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan kembali menggelar Program Try Out Nasional Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBM-PTN) 2018.

Try Out tersebut rencananya akan digelar secara serentak di 34 Provinsi danKabupaten/Kota, pada Minggu (29 April 2018) secara cuma-cuma alias gratis.

Hal ini diungkapkan Ketua DPP Bidang Pemuda dan Olahraga Sukur H Nababan dalam konfrensi pers yang digelar di DPP PDIP, Jakarta, Kamis (26/4/2018).

"Program Try Out ini merupakan salah satu program kerja strategis DPP PDI-Perjuangan yang tujuannya untuk membantu pemerintah dalam menyukseskan program pendidikan nasional," ujarnya.

Program ini juga kata dia, merupakan agenda yang dirancang oleh Bidang Pemuda dan Olahraga (Pora) yang telah ditetapkan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri pada Rakernas III PDI Perjuangan, di Bali, 23-25 February 2018 lalu.

"Kegiatan Try Out ini juga menjadi komitmen PDI Perjuangan dalammencerdaskan kehidupan bangsa dan negara. Kita berharap, dengan adanya program tersebut, bisa menjadi sarana bagi para siswa SLTA/sederajat, agar berhasil masuk Perguruan Tinggi Negeri(PTN), favorit terbaiknya di Indonesia," tandasnya.

Pasalnya kata dia, saat ini masih banyak terdapat siswa-siswi SMA khususnya di pedesaan yang gagal saat mengikuti tes di perguruan tinggi favorit. "Kegagalan mereka ini ada beberapa faktor, secara psikologis, banyak siswa yang grogi saat mengikuti ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) itulah kenapa kita adakan kegiatan itu," tegasnya.

"Gagalnya para siswa saat tes, umumnya karena persoalan kecil, seperti grogisalah dalam menentukan jurusan hingga lupa absen. Nah, dengan digelarnya TryOut ini, diharapkan para siswa mampu memahami situasi saat tes SBMPTN," tambahsnya.

Lanjut dia, PDI Perjuangan selalu berkomitmen untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk itulah, partai besutan Megawati Soekarno Puteri ini siap memfasilitasi siswa SLTA/sederajat dalam menghadapi SBMPTN setiaptahunnya.

"Jadi akan kita gelar setiap tahun. Dengan materi Try Out yang hampir sama dengan soal - soal yang keluar di ujian nasional," jelasnya.

Try Out ini nantinya kata dia, akan dilaksanakan secara serentak se-SBMPTN Indonesia, melalui semua pengurus partai , mulai DPP, DPD, DPC dan PAC dibidang Pemuda dan Olahraga (Pora).

"Target kita pesertanya sekitar 365 ribu siswa SMA/sederajat. Try Out akan diikuti oleh para siswa, mulai kelas 11 & III yang merupakan lulusan SMA/sederajat atau rentang usia 16-21 tahun," tukasnya.

Selain itu, para siswa juga akan mendapatkan sejumlah modul, mulai soal ujian, modul penyelesaian sampai profile setiap PTN terbaik di Indonesia," pungkasnya. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/