Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Kalah Lawan Sri Lanka, Timnas Putra Bersiap Hadapi Korsel di Kualifikasi Grup B FIBA 3X3 Asia Cup 2024
Olahraga
24 jam yang lalu
Kalah Lawan Sri Lanka, Timnas Putra Bersiap Hadapi Korsel di Kualifikasi Grup B FIBA 3X3 Asia Cup 2024
2
Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Korupsi
Hukum
24 jam yang lalu
Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Korupsi
https://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77
Home  /  Berita  /  GoNews Group

Pecatur Muda Indonesia, Mengejar Rating Lewat Japfa Grandmaster

Pecatur Muda Indonesia, Mengejar Rating Lewat Japfa Grandmaster
Peserta Japfa Grandmaster. (Azhari/GoNews.co)
Selasa, 24 April 2018 02:47 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Belum tercapainya target rating yang diinginkan untuk pecatur muda putra dan putri Indonesia, Pengurus Besar (PB) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) kembali menggelar acara Jafpa Grandmaster (GM) dan Women Grandmaster Chess (WGC) Tournament 2018.

Event pertama kalinya menggabungkan turnamen GM dan WGM ini akan digelar di Solo, Jawa Tengah, 25 April hingga 1 Mei 2018.

"Mendukung tercapainya rating yang diinginkan bagi para pecatur muda, memang turnamen ini harus hadir kembali di Indonesia,k ujar Rahmat Indrajaya, Direktur Corporate Affairs PT Jafpa Comfeed Indonesia Tbk (Jafpa) di Jakarta, Senin (23/4/2018).

Sebagai ajang meningkatkan prestasi catur Indonesia. Inilah angin segar bagi para pecatur Indonesia terpilih untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya agar dapat meraih norma GM dan Norma GMW.

Sedangkan bagi Susanto Megaranto yang sudah menyandang gelar GM, inilah event oemanasan untuk mencapai kondisi top pada Olimpiade Catur di Batum, Georgia, September 2018. Terlebih lagi sejak 3 tahun belakangan ini, Susanto belum bertanding di internasional.

Menilik para peserta GM tournament kali ini, ada hal yang ingin ditunjukkan PB Percasi sebagai hiburan dalam acara yakni dengan menghadirkan GM Timur Gareyev dsri Amerika Serikat, kelahiran Uzbekistan.

Dikenal sebagai Blindfold King of Chess, Timur merupakan pemegang rekor catur buta yang dibuatnya di Universitas Nevada, 3 Desember 2016. Kala itu, Timur berhasil.melawan 48 orang aekaligus. Timur.menang 35 papan, remis 7, dan kalah 6 papan.

Menariknya Timur selalu menutup mata dan mengayuh sepeda statis dalam bermain catur. Hal tersebut dilakukan untuk membantu Timur kebih fokus dalam berfikir. Ia juga memoerlihatkan bermain catur buta saat konfrensi pers Japfa GM dan WGM Chess Tournament 2018 di Hotel Century Jakarta, Senin (23/4/2018). 

Rating Timur saat ini 2682 per Februari 2013. Selain Timur, GM Tournamen juga dihadiri pecatur nomor sembilan China saat ini, GM ma Qun yang memiliki rating 2645. Juga berhasil juara Vietnam sebanyak 3 kali (2002, 2005, dan 2006). 

Sementara untuk katefori WGM hadir pertama kalinya WGM Keti Tsatsalashvili dsri Georgia, WGM Anda Safranska dari Prancis yang pernah ke Jakarta tahun 1993 pada acara turnamen catur kandidat, yang impiannya terkabul bisa databg lagi ke Indonesia. Tentu saja tidak ketinggalan IM Alina L'Ami dari Rumania yang tidak pernah bosan datang dan mempromosikan Indonesia di luar negeri lewat tulisan dan foto-fotonya yang menawan.

"Banyak peserta dari luar negeri membuat kita dengan bangganya mempromosikan Indonesia. Dimulai dari menunjukkan prestasi untuk mampu bersaing melawan pecatur internasional," tutur Rahmat.

Tidak hanya dengan prestasi, namun juga promosi dari segi kekayaan budaya dilakukan oleh PB Percasi. Kiranya dengan ini aktivitas catur berbagai daerah di Indonesia dapat digerakkan. 

Daftar Pecatur Putra: 1. GM Jayson Gonzales (Filipina) 

2. GM Nguyen Anh Dung (Vietnam) 

3. GM Ma Qun (Cina) 

4. GM Timur Garayev (AS) 

5. IM Kevin Goh Wi Ming (Singapura) 

6. GM Anton Demchenko (Rusia)

7. GM Susanto Megaranto (Indonesia)

8. FM Novendra Priasmoro (Indonesia) 

9. IM Sean Winshand Cuhendi (Indonesia) 

10. IM Muhammad Lutfi Ali (Indonesia)

11. EGM Medina Warda Aulia ( Indonesia) 

12. FM Yoseph Theoligus Taher (Indonesia)

Putri: 

1. IM Alina Lami (Rumania) 

2. WGM Keti Tsatsatvili (Georgia) 

3. WGM Janelle Mar Frayna (Filipina) 

4. WGM Anda Safranska (Prancis) 

5. WIM Tijana Blagojevic (Serbia) 

6. WIM Mila Zarkovic (Serbia) 

7. WIM Dewi AA Citra (Indonesia) 

8. WFM Umi Fisabilillah (Indonesia) 

9. WIM Chelsie Monica Sihite (Indonesia). ***

Editor:Muslikhin Effendy
Kategori:GoNews Group, Peristiwa, Pemerintahan, Olahraga
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77