Home  /  Berita  /  GoNews Group

Pensiun dari BNN dan Polri, Buwas Produksi Kopi Ganja, Seriuskah?

Pensiun dari BNN dan Polri, Buwas Produksi Kopi Ganja, Seriuskah?
Budi Waseso saat menjabat Kepala BNN. (Istimewa)
Jum'at, 20 April 2018 14:09 WIB
SEMARANG - Budi Waseso yang sering disapa Buwas, mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) yang kini sudah lepas dari kedinasan polisi, berencana memproduksi Kopi Ganja.

Eit... jangan berfikir negatif dulu, Kopi Ganja yang dimaksud adalah gabungan dari Kopi Gayo dan Jawa yang disingkat kopi Ganja.

Produksi Kopi Ganja ini bertujuan mengurangi jumlah petani ganja di Aceh dengan beralih menjadi petani kopi.

Dikutip GoNews.co dari Antara, Buwas menjelaskan, idenya tersebut bagian perpaduan dua kata antara kopi Gayo dan Jawa yang kemudian disingkat menjadi Ganja.

"Kopi Ganja itu kepanjangan dari Gayo dan Java. Jadi, saya kombinasikan kopi dari Gayo dan Jawa. Bukan kopi yang terbuat dari ganja," katanya, usai menerima penghargaan dari Pemerintah Kota Semarang, di Semarang, Kamis (19/4/2018) kemarin.

Buwas, sapaan akrab Budi Waseso, termasuk salah seorang dari 38 personel BNN dan BNN Provinsi Jawa Tengah yang mendapatkan penghargaan dari Pemkot Semarang atas kiprah dan komitmennya dalam pemberantasan narkoba.

Selain kopi Ganja, purnawirawan Komisaris Jenderal Polisi itu menyatakan , nantinya ada juga kopi-kopi lainnya yang didapatkan dari seluruh daerah di Indonesia karena sekarang ini tanaman ganja sudah tumbuh di mana-mana, tidak hanya di Aceh, sehingga semua dapat diganti tanaman kopi.

"Di Jateng, di Papua juga ada. Bahkan, di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut tanaman ganja bisa tumbuh bagus dan berkualitas. Bahkan, Kolombia pun mengakui kualitas ganja Aceh," ungkapnya.

Dengan mengalihkan petani ganja menjadi petani kopi, jagung, dan coklat, maka secara tidak langsung akan mengurangi produksi ganja yang secara tidak langsung membantu mencegah penyalahgunaan narkoba, ujar mantan Kepala Badan Reserse Kriminal di Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kabareskrim Mabes Polri) itu.

Upaya mengalihkan petani ganja menjadi petani kopi, jagung dan coklat, dikemukakan Buwas, merupakan bagian dari program pembangunan alternatif (alternative development) yang dilakukannya selepas atau purna tugas sebagai Kepala BNN dan kedinasan jenderal bintang tiga Polri.

"Saya sebelum purna sudah meminta kepada mantan petani-petani ganja di Aceh untuk beralih menjadi petani kopi, jagung dan coklat. Ini sebagai bagian dari program alternative develpoment," katanya.

Setelah purna tugas, Buwas mengaku bukan berarti begitu saja lepas tanggung jawab, melainkan tetap konsisten membantu pemberantasan narkoba, salah satunya mendorong petani di Aceh menanam kopi.

"Sekarang saya merintis membuat kopi. Nanti kalau kopi jadi akan disebar ke Indonesia. Saya kasih nama Kopi Jenderal, Kopi Nusantara, ada juga yang namanya Kopi Ganja, kepanjangan Gayo dan Java," pungkas Budi Waseso. ***

Editor:Muslikhin Effendy
Sumber:antara
Kategori:GoNews Group, Umum, Peristiwa, Ekonomi
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77