Home  /  Berita  /  GoNews Group

Unik, Pimpinan DPR Disindir Lagu Iwan Fals oleh Seniman Jalanan

Unik, Pimpinan DPR Disindir Lagu Iwan Fals oleh Seniman Jalanan
Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo saat memberikan bingkisan ke musisi jalanan yang tampil pada launching Lomba Kritik DPR. (Muslikhin/GoNews.co)
Kamis, 19 April 2018 17:09 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Tak seperti biasa, diskusi mingguan Dialektika Demokrasi Parlemen DPR RI kali ini dibuka oleh pertunjukan seni. Dimana dalam diskusi tersebut, sekolopok musik jalanan asal Sulawesi Selatan tampil mebawakan lagu-lagu kritik parlemen dari Iwan Fals.

Ruangan diskusi seketika riuh karena penampilan pembuka dari kelompok musisi cilik dari komunitas nelayan dan petani "Suka Suka" yang datang jauh dari Rumbia, Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Para pembicara diskusi yang menyaksikan penampilan mereka adalah Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo; Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah; lalu analis politik Siti Zuhro dan pakar komunikasi Effendi Ghazali.

Mereka bersama para hadirin tampak gembira ketika anak-anak itu memeriahkan ruangan diskusi dengan mendendangkan lagu legendaris "Surat Buat Wakil Rakyat".

Lirik lagu gubahan musisi senior Virgiawan Listanto alias Iwan Fals tersebut sangat populer di kalangan rakyat jelata. Dikarang pada masa Orde Baru, isinya adalah sindiran dan kritik pedas terhadap anggota parlemen yang tetap relevan sampai sekarang.

Setelah "sindiran" dilayangkan, Ketua DPR RI tertawa girang dan bertepuk tangan. Sampai-sampai Bambang Soesatyo dan para pembicara lain mau berdiri dan berfoto bersama dengan para personel grup "Suka Suka".

Grup "Suka Suka" beranggotakan enam orang, telah berdiri sejak tahun 2013 di bawah binaan Anggota DPR RI dari Dapil Sulsel, Mukhtar Tompo.

Diakui vokalisnya, Wira Syall Syabil, tampil langsung membawakan lagu "Surat Buat Wakil Rakyat" di hadapan para anggota DPR RI merupakan impian mereka sejak lama. 

"Ini mimpi kami membawakan lagu Wakil Rakyat di DPR, akhirnya terwujud," ujar Wira. ***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/