Home  /  Berita  /  Umum

Jika Perpres Terbit, Pembangunan KEK Mentawai Segera Dimulai

Jika Perpres Terbit, Pembangunan KEK Mentawai Segera Dimulai
Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit.
Kamis, 19 April 2018 16:05 WIB

MENTAWAI - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, mengatakan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Siberut Barat Daya, Kabupaten Kepulauan Mentawai akan dimulai pada 2019 mendatang.

"Kita juga sedang bicara dengan anggota DPR RI untuk mendorong pembangunan ini, agar nanti penganggarannya ada dari APBN," kata Nasrul saat berkunjung ke Dusun Peipei, Desa Taileleu, Siberut Barat Daya, Rabu (18/4/2018).

Nasrul Abit dan rombongan datang ke lokasi KEK bersama rombongan BPK RI sekaligus menyiapkan kedatangan rombongan Kemenko Kemaritiman hari ini ke lokasi yang sama.

"Setelah kedatangan rombongan Kemenko Kemaritiman, Pak Gubernur akan melakukan presentasi dengan Menteri Pariwisata, habis itu Dewan KEK dan Kemenko Ekonomi. Kemudian menunggu Peraturan Presidennya," jelas Nasrul.

Jika Perpres selesai tahun ini, dan anggarannya sudah sesuai maka pembangunan sudah bisa dimulai. "Kita berharap tahun ini Perpresnya sudah siap, dan kita tinggal menunggu anggarannya. Setelah itu semua, awal tahun 2019 fisiknya sudah mulai dibangun," katanya optimis.

Disebutkan Nasrul Abit, untuk lahan pembangunan KEK, masyarakat setempat sudah menghibahkan tanahnya, dengan biaya ganti rugi kepada pemilik lahan, seperti pembiayaan anak sekolah dan ganti rugi lainnya yang berupa materi.

"Masyarakat sudah sepakat, sudah ada surat pernyataan, nanti setelah proyek perusahaan masuk dan KEK ini berjalan, pemilik tanah akan dipekerjakan (di lokasi KEK)," katanya.

Selain itu anak (pemilik tanah) yang sekolah atau kuliah setelah selesai juga akan dipekerjakan di KEK itu sendiri, dalam arti dari dini perusahaan sudah memberikan peningkatan sumber daya manusia (SDM) kepada pemilik tanah atau pun masyarakat.

Di samping itu, masyarakat bisa membuka usaha di kawasan ekonomi khusus, seperti berdagang dan lain sebagainya. (ss)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/