Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Dengan Tema Mawar Hitam, Pameran Busana Migi Rihasalay Pukau Pengunjung Indonesia Fashion Week 2024
Umum
21 jam yang lalu
Dengan Tema Mawar Hitam, Pameran Busana Migi Rihasalay Pukau Pengunjung Indonesia Fashion Week 2024
2
Cinta Laura Tetap Produktif di Bulan Ramadan
Umum
22 jam yang lalu
Cinta Laura Tetap Produktif di Bulan Ramadan
3
Persis Solo Pantau Fisik Pemain Selama Ramadan
Olahraga
20 jam yang lalu
Persis Solo Pantau Fisik Pemain Selama Ramadan
4
Ilhamsyah Bersyukur Menit Bermain Bertambah
Olahraga
20 jam yang lalu
Ilhamsyah Bersyukur Menit Bermain Bertambah
5
Tekad Bangkit Super Elang Jawan Raih Tiga Poin
Olahraga
20 jam yang lalu
Tekad Bangkit Super Elang Jawan Raih Tiga Poin
6
Lawan Bali United, Thomas Doll Harapkan Pemain Persija Jakarta Bugar
Olahraga
20 jam yang lalu
Lawan Bali United, Thomas Doll Harapkan Pemain Persija Jakarta Bugar
https://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/
Home  /  Berita  /  Olahraga

Kampar United Wakili Indonesia U-12 dan U-14 ke Vietnam, Ini Harapan Warga Riau

Kampar United Wakili Indonesia U-12 dan U-14 ke Vietnam, Ini Harapan Warga Riau
Skuad Kampar United. (GoNews.co)
Minggu, 01 April 2018 03:27 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Provinsi Riau meloloskan satu Sekolah Sepak bola (SSB) di ajang SBAI 2018 di Jakarta.

SSB tersebut adalah Kampar United yang berhasil menjuarai tournament Nasional SBAI 2018.

Dengan demikian, maka Kampar United akan mewakili Indonesia pada tournament internasional yang akan digelar di Vietnam pada bulan Agustus 2018 mendatang.

Lolosnya Kampar United ke ajang bergengsi sepakbola anak-anak itu, tak lepas dari peran empat pelajar di MTS Almujahidin Gunung Bungsu XIII Koto Kampar.

Ke empat bocah tersebut masing-masing adalah Fadil, Adang, Defri dan Ikhsan.

Di dalam pencapaian prestasi internasional SBAI inilah keempat pesepakbola muda Riau asal Kampar yang lolos dan bakal membela Indonesia di Vietnam pada bulan Agustus 2018 mendatang.

Atas capean ke Kampar United tersebut, membuat warga Riau khususnya Kampar, berharap besar, anak-anak tersebut bisa berprestasi dan bisa mengharumkan nama baik bangsa Indonesia.

Bahkan salah satu tokoh pemuda Kampar Riau di Jakarta, Mahyudi kepada GoNews.co mengaku bangga dan sangat terharu.

Meski demikian, Mahyudi yang sehari-hari menjadi Staf Ahli DPD RI ini berpesan, agar ke empat bocah tersebut tetap rendah hati dan tidak sombong.

"Sebenarnya talenta-talenta muda di Riau khususnya di Kampar sangat banyak. Hanya saja baru Keempat adik-adik kita yang mendapat kesempatan tahun ini untuk berkiprah di kancah nasional," ujarnya, Sabtu (31/3/2018) malam.

Dia juga berharap, ke depannya anak-anak Riau bisa lebih banyak lagi yang mengikuti jejak Fadil dan kawan-kawan.

"Kendalanya di daerah itu sering minimnya informasi. Kita berharap kepada pihak-pihak yang mengetahui informasi pencarian bakat seperti Dispora Riau atau yang di Kabupaten agar memberikan kabar ke masyarakat," pintanya.

Sementara itu, salah satu warga Gunung Bungsu XII Koto Kampar yang berdomisili di Jakarta, A Yusnir mengatakan, dirinya mewakili desanya yang di Jakarta, memberikan apresiasi dan bangga dengan ke empat bocah asal kampung halamannya itu.

"Kami bangga. Mereka yang usianya masih belia, sudah berani keluar kandang. Bahkan ke tingkat nasional," ujarnya.

Yusnir yang juga berprofesi sebagai wartawan salah satu media cetak di Riau ini juga memberikan saran, agar keempat anak tersebut tetap giat berlatih dan tidak jumawa. "Tetap semangat, berjuang terus demi nama kampung, nama Provinsi dan nama bangsa Indonesia. Ini baru awal, mereka harus berhasil dan menjadi contoh buat anak-anak lainnya yang ada di Kampar maupun Riau secara keseluruhan," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, SBAI adalah sebuah konsorsium sepakbola usia muda yang sering menyelenggarakan kegiatan sepakbola secara nasional dan mengirim bakat-bakat muda sepakbola ke beberapa turnamen di Asia maupun Eropa.

Tercatat beberapa kali menjuarai turnamen-turnamen tersebut, diantaranya Timnas U-13 SBAI Garuda Jaya menjadi Juara III Barcelona Cup di Spanyol (2016), Timnas U-13 SBAI Garuda Jaya menjadi Juara II Borneo Cup di Kinabalu Sabah Malaysia, Timnas U-14 SBAI Garuda Jaya menjadi Juara I Barcelona Cup di Spanyol (2017), Timnas U-14 SBAI Garuda Jaya menjadi Juara I Borneo Cup di Kinabalu Sabah Malaysia (2017).

Untuk diketahui, SBAI (Sepak Bola Anak Indonesia) merupakan mitra Kemenpora dan PSSI, pada tahun ini kembali menggelar turnamen putaran nasional kelima untuk U-12 dan U-14.

Turnamen ini adalah sebuah kegiatan sepakbola berskala nasional yang bersifat pembinaan dan seleksi untuk Timnas SBAI, selain itu bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para pesepakbola muda di tanah air unjuk gigi hasil latihan di daerahnya masing-masing.

Kegiatan ini diselenggarakan di Stadion Cendrawasih Cengkareng Jakarta Barat pada tanggal 28-31 Maret 2018.

Turnamen ini sendiri diikuti oleh tim dari berbagai daerah di Indonesia. Untuk U-12 diikuti oleh 16 tim, yaitu: SSB Indonesian Rising Star (DKI Jakarta), SSB Porsila (Aceh), SSB Mayang Putra (Aceh), SSB PPLDP (Manado, Sulawesi Utara), SSB Mandala (Majalengka, Jawa Barat), SSB Pandawa (Jawa Timur), Akademi Persebaya (Jawa Timur), SSB Mabar Putra (Sumatera Utara), SSB Karisma (Sumatera Utara), SSB Bina Muda (Padang, Sumatera Barat), SSB Brandon (Padang, Sumatera Barat), SSB Kembar Muda (Kalimantan Timur), SSB Tugu Muda (Semarang, Jawa Tengah), SSB Mandala (Bali), SSB Kampar United (Riau), dan SSB YONIF 143 (Lampung).

Untuk U-14, diikuti oleh 9 tim, yaitu: SSB Indonesian Rising Star (DKI Jakarta), SSB Muara Gayo (Aceh), SSB Young Guns United (Bandung, Jawa Barat), SSB Mandala (Majalengka, Jawa Barat), SSB Puma (Jawa Timur), SSB Kembar Muda (Kalimantan Timur), SSB Tugu Muda (Semarang, Jawa Tengah), SSB Kampar United (Riau), dan SSB Gajah Mada (Lampung Timur, Lampung).***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/