Home  /  Berita  /  Peristiwa

Wonderful Indonesia di MATTA Fair Penang, Dispar Riau Turut Ambil Bagian Membuka Stand

Wonderful Indonesia di MATTA Fair Penang, Dispar Riau Turut Ambil Bagian Membuka Stand
Jum'at, 30 Maret 2018 19:10 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
PENANG - Pemerintah Indonesia saat ini terus berusaha menggenjot jumlah wisatawan mancanegara (wisman), agar berkunjung ke Indonesia.

Upaya yang dilakukannya antara lain dengan mempromosikan wisata di daerah perbatasan negara seperti Malaysia.

Tahun ini Wonderful Indonesia ambil bagian di Malaysian Association of Tour and Travel Agents (MATTA) Fair, 16 Maret-1 April 2018, bertempat di Straits Quay Convention Center (SQCC), Penang. Langkah Kemenpar pun bisa dibilang cukup jitu, dengan kembalinya Wonderful Indonesia menyambangi Malaysia.

Jumlah kunjungan wisatawan 2017, Malaysia masuk big four penyuplai wisatawan terbesar. Strip pertama dihuni Tiongkok, lalu diikuti Eropa dan Singapura. Berada di empat besar, jumlah wisatawan Malasia ke Indonesia mencapai 1.238.378 orang. Jumlah tersebut tumbuh 1,05% dari tahun sebelumnya. Pada 2016, jumlah kunjungan wisatawan Malaysia mencapai 1.225.458 orang. 

Acara Matta Fair dibuka oleh, Chief Minister Penang, Yab Tuan Lim Guan Eng. Pada iven ini diikuti 134 Booth (stan) yang menawarkan paket-paket wisata berbagai destinasi kepada pada buyer (calon wisatawan).

Kepala Dinas Pariwisata provinsi Riau, Fahmizal Usman, pada saat menghadiri acara tersebut mengatakan pada kegiatan ini, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menjadi leader bagi penyertaan provinsi-provinsi di Indonesia yang ikut dalam ajang MATTA Fair Penang.

"Dari kementerian Pariwisata yang hadir pada acara ini, Ibu Hari Budiarti Deputy Director for Malaysia Peninsula Market dan didampingi Asisten Deputinya Nurdiansyah," kata Fahmizal Usman.

"Acara ini sangat ramai dikunjungi oleh pembeli yang mencari paket-paket tujuan wisata. Dari Indonesia ada 10 stan dan Riau salah satunya. Kita melakukan sales mission dengan beberapa agen lokal di Malaysia dan B to B (buyer to buyer). Selain itu kami juga membangun network dengan agen yang ada di Malaysia untuk barter wisatawan. Hal ini kami lakukan agar tidak hanya orang Riau saja yang datang ke Malaysia, tapi juga sebaliknya," pungkasnya.

Stan dari provinsi Riau di acara MATTA Fair Penang terlihat ramai dikunjungi, para pemburu wisata langsung berinteraksi dengan Ketua ASITA Riau, Riau Dede Firmansyah dan perwakilan dari PHRI Riau, Yocy Afri Windika, Asisten sales manager Fox Haris Hotel.

Pada kesempatan itu, Chief Minister Penang, Than Lim Guan Eng, datang mengunjungi stan provinsi Riau dan menerima cinderamata yang diserahkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Riau, Fahmizal Usman.***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77