Home  /  Berita  /  Umum

Kenang Jasa Proklamator, LPP RRI Bukittinggi Gelar Festival Bung Hatta

Kenang Jasa Proklamator, LPP RRI Bukittinggi Gelar Festival Bung Hatta
Selasa, 27 Maret 2018 23:05 WIB
Penulis: Jontra
BUKITTINGGI - Untuk mengenang jasa dan sejarah hidup sang Proklamator bangsa Indonesia Muhammad Hatta atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Bung Hatta yang meninggal pada 14 Maret 1980 silam, LPP RRI Bukittinggi mengadakan Festival Bung Hatta, yang dimulai sejak 26 Maret hingga Rabu 28 Maret 2018 mendatang.

Kepala Stasiun LPP RRI Bukittinggi Edyi Ivan mengatakan, Festival Bung Hatta merupakan momen untuk mengingat kembali sejarah perjuangan bapak pendiri bangsa Indonesia, sebagai Bapak Proklamator yang juga Wakil Presiden pertama, yang berasal dari Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

“Tentu saja, sebagai seorang tokoh sejarah yang dikenal seluruh masyarakat Indonesia, sudah sepatutnya LPP RRI Bukittinggi mengingatkan kembali pada masyarakat siapa itu sosok Bung Hatta. Termasuk pada siswa-siswi mulai dari tingkat Sekolah Dasar, SMP, SMA, serta masyarakat umum, yang menjadi peserta Festival Bung Hatta ini,” ulasnya, Selasa 26 Maret 2018.

Menurut Edyi Ivan, Festival Bung Hatta itu merupakan ajang atau perlombaan, yang meliputi lomba bercerita bung Hatta untuk tingkat Sekolah Dasar, lomba baca puisi Bung Hatta untuk Tingkat SMP dan SMA, lomba cipta puisi Bung Hatta untuk tingkat umum, serta lomba melukis wajah Bung Hatta untuk tingkat umum.

?Sedangkan tujuan dari Festival Bung Hatta ini adalah untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, rasa cinta, serta kebanggaan terhadap perjuangan Bung Hatta dapat tercapai, sehingga mereka tidak melupakan catatan sejarah dari Bung Hatta itu sendiri, jelasnya.

Dikatakan juga oleh Edyi Ivan dirinya juga sangat mengapresiasi tingginya animo peserta yang mengikuti Festival Bung Hatta ini, sehingga sasaran dan tujuan yang diharapkan tercapai, mereka akan berkompetisi menampilkan kebolehan masing-masing, sesuai dengan perlombaan yang diikuti.

Selain Festival Bung Hatta, LPP RRI Bukittinggi juga menyelenggarakan seminar nasional tentang Bung Hatta, yang akan dihadiri langsung  oleh dua putri Proklamator ini, yakni Meutia Farida Hatta Swasono dan Gemala Rabi'ah Hatta, yang akan dilaksanakan pada Rabu 28 Maret 2018 di Auditorium RRI Bukittinggi,” jelasnya.

Acara penting lainnya sambung Edyi Ivan, yakni Dialog Kebangsaan dengan tema “Menyikapi Pemikiran Bung Hatta dalam Berbangsa dan Bernegara”, di Rumah Kelahiran Proklamator Bung Hatta, yang juga berlangsung pada 28 Maret 2018 mendatang, akan disiarkan secara langsung melalui Pro 3 Jakarta, yang juga akan di hadiri Direktur Utama LPP RRI M. Rohanudin, didampingi Direksi dan Dewan Pengawas.

Sementara itu Ketua Pelaksana Festival Bung Hatta LPP RRI Bukittinggi yang juga Kasi Siaran Afri Irianto menuturkan, tingginya minat peserta dalam kegiatan Festival Bung Hatta ini, tidak terlepas dari peran panitia pelaksana, dan hal itu menandakan kalangan siswa dan masyarakat sangat mengagumi sosok Bung Hatta, dan mungkin saja ada diantara peserta nanti yang dapat menjadi Bung Hatta baru dari kota Bukittinggi ini.

“Pemenang kegiatan Festival Bung Hatta ini nantinya bakal menerima uang pembinaan, sertifikat dan trophy, dan diharapkan kedepan acara ini akan terus diadakan setiap tahun,” ujarnya.

Untuk puncak dari kegiatan ini menurut Afri Irianto, dilaksanakan dalam suatu acara malam pagelaran budaya, pada Rabu 28 Maret 2018, yang akan menampilkan berbagai kesenian dan kebudayaan Minangkabau, pungkasnya. ***

wwwwww