Home  /  Berita  /  GoNews Group

Tim Kemenkopolhukam Tinjau Pulau Nyau Nyau

Tim Kemenkopolhukam Tinjau Pulau Nyau Nyau
Rabu, 21 Maret 2018 20:25 WIB
MENTAWAI - Progres pembangunan wilayah perbatasan dan pulau-pulau terluar yang berpenghuni menjadi fokus Kementerian Koordinasi Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam).

Hal tersebut disampaikan Asisten Deputi Koordinasi wilayah Perbatasan dan Ruangan Pertahanan Negara (Haneg), Brigadir Jenderal TNI Yasid Sulistio usai meninjau pulau Nyau Nyau di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), Rabu.

Ia menjelaskan, hasil kunjungan yang dilakukan tersebut nantinya akan menjadi masukan dan evaluasi oleh kementerian terkait, termasuk laporan bagi presiden RI.

Lebih lanjut ia mengatakan, dari pantauan yang dilakukan di pulau Nyau Nyau yang merupakan salah satu pulau terluar di Kabupaten Mentawai, ada beberapa hal yang harus segera didorong pembangunannya.

"Transportasi, pengolahan hasil laut dan kopra.Ini harus segera dicarikan solusinya, karena potensi yang ada di pulau itu sangat banyak," katanya.

Selain itu katanya, kesenjangan disparitas harga agar tidak terlalu tinggi juga menjadi bahan masukan yang diberikan pemerintah provinsi dan kabupaten kepada pihaknya.

Ia mengungkapkan, dari aspirasi yang disampaikan masyarakat di pulau tersebut, ada beberapa permintaan kepada pemerintah, mulai dari bantuan alat tangkap, cool storage sampai mesin kukur. Itu menjadi acuan untuk program selanjutnya.

"Ini yang nanti menjadi acuan kami, model seperti apa yang nanto diberikan ke masyarakat," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya akan memastikan seluruh bantuan dari kementerian terkait bisa tepat sasaran.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit yang ikut mendampingi kegiatan tersebut mengatakan, pulau Nyau Nyau memiliki potensi besar hasil laut, namun sejauh ini, hal tersebut belum menjadi nilai ekonomis bagi masyarakat.

"Kedepan itu menjadi perhatian penting bagi kami, agar segala potensi dan hasil laut ini memberilan dampak ekonomi bagi masyarakatnya," katanya.

Pulau Nyau Nyau merupakan salah satu pulau terluar di Mentawai, pulau tersebut masuk dalam kawasan Pulau Siberut, Kecamatan Siberut Barat.

Selanjutnya Tim Desk Wilayah Perbatasan dan Pulau-Pulau Kecil Terluar akan mengunjungi dua pulau lainnya di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Pulau tersebut yakni Pulau Baru-baru di Pagai Selatan dan Pulau Pagai Utara. ***

Editor:Hermanto Ansam
Kategori:GoNews Group, Sumatera Barat
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/