Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Trans Mentawai Diusulkan Jadi Jalan Nasional karena APBD tak Mampu

Trans Mentawai Diusulkan Jadi Jalan Nasional karena APBD tak Mampu
Rabu, 28 Februari 2018 18:51 WIB
MENTAWAI - Trans Mentawai yang berada di Pulau Siberut sebagian akan diusulkan menjadi jalan nasional karena ketidakmampuan Anggatan Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten maupun provinsi menyelesaikan secara keseluruhan.

‘’Kita berupaya jalan trans Mentawai yang sebagian belum dibuka di Pulau Siberut masuk dalam jalan strategis nasional karena APBD tak sanggup menuntas secara cepat,’’ kata Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, pada rakor bersama Pemda Mentawai di Aula Bappeda Mentawai pada Rabu (28/2).

Hal tersebut dikebut karena pada 2019, akan dibangun pelabuhan besar di Labuan Bajau. Kalau pelabuhan dibangun tanpa ada jalan tentu tidak mungkin, kenapa kita minta dijadikan jalan strategis nasional karena Siberut adalah prioritas pertama, kata Wagub.

Tak hanya Siberut jalan lain yang diusulkan di daerah Sikakap, dimana di daerah tersebut ada sentra perikanan dan perlu didukung infrastruktur yang memadai, sementara di pulau Sipora sudah ada sebagian masuk jalan nasional yang saat ini masih proses pengerjaan.

‘’Mengandal APBD jelas tidak cukup uang, maka kalau jadi jalan strategis nasional harapan bisa selesai dalam 2-3 tahun ke depan,’’ ujarnya.

Untuk wilayah Siberut sudah dikerjakan sepanjang 84 kilometer dari panjang jalan 187 kilometer, pembiayaan bersumber dari APBD Mentawai, sehingga masih belum dibangun sepanjang 103 kilometer.

Di Pulau Sipora sudah dikerjakan sepanjang 39 kilometer dari total 77 kilomter, artinya yang belum dikerjakan ada sekitar 37 kilometer. Biaya pembangunan trans Mentawai di pulau Sipora ada sebagian bersumber dari APBN.

Selanjutnya di Pagai Utara jalan trans Mentawai yang sudah dibangun sepanjang 15 kilometer dari APBD Mentawai, dan yang belum dibangun sepanjang 37 kilometer dari total panjang jalan 63 kilometer.

Kemudian di Pagai Selatan belum ada di bangun dari ABPB Mentawai karena jalan yang saat ini digunakan merupakan jalan dibangun oleh perusahaan PT. Minas Pagai Lumber.

Untuk 2018, ada beberapa jalan trans Mentawai yang sedang dikerjakan di wilayah Siberut yang dananya bersumber dari APBD Mentawai yakni Subelen-Sotboyak, Subelen-Sirisurak, Maileppet-Saliguma, Rogdok-Mabukkuk, Sirilanggai-Monganpoula-Sotboyak, Saliguma-Sirisurak dan Labuan Bajau-Sigapokna.

Di Pulau Sipora sedang dibangun menghubungkan Sioban-Katiet dananya bersumber dari ABPN, serta di Pagai Utara sedang dikerjakan di Matobe-Saumanganya, dan Mapinang-Saumanganyak.Kemudian di Pagai Selatan antara Simpang Kartini-Kinumbuk, STA 21-21 dan di Polaga-Kilometer 37. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/