Home  /  Berita  /  Umum

Pemerintah Pusat akan Bangun Kota Baru di Padang, Ini yang Sedang Disiapkan

Pemerintah Pusat akan Bangun Kota Baru di Padang, Ini yang Sedang Disiapkan
Kota Padang, Sumatera Barat
Senin, 19 Februari 2018 08:48 WIB
JAKARTA - Pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberi perhatian besar kepada Kota Padang, Sumatera Barat. Kota yang tegolong tua dan bersejarah ini semakin sulit mengembangkan diri, karena itu akan ada pembangunan kota baru yang dilengkapi infrastruktur yang mendukung untuk menjawab perkembangan zaman sehingga aman, nyaman dan layak huni.

Direktur Rumah Umum dan Komersial Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dadang Rukmana, menjelaskan rencana pembangunan infrastruktur di 10 kota tersebut telah disusun, salah satunya untuk Kota Padang.

Pemerintah, katanya, akan membangun 10 kota baru mandiri di Indonesia, yaitu Padang, Palembang, Maja, Pontianak, Banjarbaru, Makassar, Manado, Sorong, Jayapura, dan Tanjung Selor.

Kementerian PUPR saat ini masih menunggu grand design (rancangan besar) dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) dibawah kepemimpinan Menteri Bambang Brodjonegoro.

''Dari semuanya sudah disusun rencana pembangunan infrastrukturnya tapi kita masih tunggu grand desainnya oleh Bapppenas,'' tutur Dadang saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Sambil menunggu grand design tersebut Dadang menyebutkan Kementerian PUPR dan stakeholder lainnya sudah mulai menggarap kota baru di kawasan Maja yang tepatnya terletak di Maja, Banten.

''Sambil jalan untuk Maja kita sudah mulai Kementerian PUPR, telah set up MOU dengan Pemerintah Daerah dan pengembang untuk dukung Maja sebagai kota baru,'' ungkap Dadang.

Dengan konsep kota baru ini pemerintah ingin menciptakan kota yang aman, nyaman dan layak huni yang merupakan wujud dari Sistem Perkotaan Nasional (SPN) sesuai dengan Perpres Nomor 2 tahun 2015 tentang RPJMN 2015-2019. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:tribunnews.com
Kategori:Umum, Pemerintahan, GoNews Group, Sumatera Barat, Padang
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/